Renungan KEMERDEKAAN

Posted on 16 August 2010

7


Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal yang begitu bersejarah bagi masyarakat Indonesia, karena pada tanggal dan bulan itulah pertama kali bangsa kita merasakan kemerdekaan yang seutuhnya dari penjajahan bangsa Belanda.
Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal yang sakral bagi masyarakat Indonesia, karena pada tanggal dan bulan itulah kita sebagai masyarakat bangsa Indonesia selalu memperingati hari KEMERDEKAAN bangsa ini.
Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal yang berarti bagi seluruh elemen masyarakat bangsa ini, karena pada tanggal dan bulan itulah kita semua dari berbagai elemen masyarakat dari tingkat atas sampai bawah selalu merayakan KEMERDEKAAN ini dengan penuh suka cita.

KEMERDEKAAN…..

Dulu…
Segenap seluruh masyarakat bangsa Indonesia setiap tanggal 17 Agustus selalu memperingati KEMERDEKAAN dari belenggu penjajahan bangsa asing.

Tapi sekarang….
Segenap seluruh masyarakat bangsa Indonesia apakah masih bisa dikatakan selalu memperingati KEMERDEKAAN ???

- Bagi para buruh pekerja, apakah masih bisa merasakan KEMERDEKAAN untuk mendapatkan hak-hak hasil kerja dari pabrik, kantor atau tempat kerja masing-masing ???
– Bagi para pelajar, apakah masih bisa merasakan KEMERDEKAAN dari cekikan biaya pendidikan yang kian hari kian melambung ???
– Bagi para tani dan nelayan apakah masih bisa merasakan KEMERDEKAAN dari para tengkulak yang sudah teroganisir dari sistem pusat ???
– Bagi para pedagang kaki lima apakah masih bisa merasakan KEMERDEKAAN dalam menjalankan roda usahanya secara aman dan nyaman ditempatnya sendiri ???
– Dan bagi para pengguna jalan raya, apakah masih bisa merasakan KEMERDEKAAN dalam mengakses fasilitas jalan yang ada secara baik, benar dan nyaman ???

Entahlahhhh…
—————————————————————————————-

Dalam kesempatan yang berbahagia ini…Dnugros Blog mengucapkan…
“Dirgahayu Negeriku Dirgahayu Bangsaku ke 65…MERDEKA !!!!”

Posted in: Journal