Tipe model aliran modifikasi Vespa

Posted on 17 November 2010

37


Udah pernah liat film Quadrophenia? ato kalo nggak, udah pernah liat brothers klub skuter lagi kongkow-kongkow? Nah, disana pasti situh ngeliat banyak macam ubahan ato modifikasi pada si semok, kan? Oke, kali ini, sayah akan sedikit ngejabarin beberapa aliran modifikasi nyang kerap dianut oleh masing-masing scooterist. Misal masih kurang tolong dilengkapin, yah?

Oke langsung ajah, mari kita mule dari nyang pertama…

Classic Vintage.

Acuan dari modif ini adalah ngerestorasi sang Vespa kekondisi awal. Banyak scooterist nyang nganut aliran ini, dikarenakan simpel dan mudah dalam pengerjaan, maka modifikasi ini kerap dijadiin acuan. Minimnya pernak-pernik pada tubuh skuter serta kesan apik nan resik bakal jadi tonjolan utama. Terus terang sayah ini juga penyembah aliran Classic Vintage pada ‘nyah sexy’ tersayang. Kesan retro nan jadul kian menambah nilei lebih pada skuter kesayangan.


Brit Style.

Brit Style ato British Style adalah aliran yang pertama kali dipopulerkan dinegerinya David Becham sanah. Pemakaian asesoris berlebih misal, lampu, windshield, kaca, sampe besi-besi behel protektor depan belakang, adalah antribut standar. Sebenarnya bukan tanpa sebab para skuteris masangin asesoris-asesoris macam nyang udah tak sebutin barusan, kesan manis, gagah, serta dianggap sebage unsur proteksi pada body si semok adalah alasan pasti. Dan jika situh penyuka modif blink-blink, Brit Style bisa dijadiin bahan acuan ketika ngemodif tunggangan.

Racing Look.

Sama seperti judulnya, kesan sporti ala speed freak kerap dijadiin rujukan para penggemar skuter. Pemasangan stang trondol, pemangkasan tinggi dan coak tebeng depan, jok single seater, pengaplikasian over gear ala cungkil macam pejantan tangguh, aer scoop, pemakaean knalpot racing, dan nyang pasti kondisi mesin korek jalanan dengan upgrade brutal adalah piranti keharusan. Walo ndak semua, sigh. Sebenarnya ubahan seperti ini cuman cocok buat arena balap dan ndak bakal nyaman untuk dipake sehari-hari. Lha emang kenapa? Jelas tho! kalo ngliat motor nyang lebih kencang, bawaannya pengin ngejar dan ngejar.

Chopper.

Ngomongin tema modif ini, situh bisa nyimpulin kalo karakter nyang diambil banyak berkiblat ke motor-motor chopper khas produk Harley Davidson. Potong sasis sana-sini, bentuk rangka baru, make ajrut-ajrutan motor batangan, ban belakang lebih gembrot dibanding depan, jok egois, sudut rake centang, dan mungkin make knalpot free flow adalah ciri khas dari modifikasi ini. Biasanya, biaya modif nyang dihabisin buat mbangun Vespa Chopper hampir sama dengan mbeli ‘bebek’ plastik. Selaen buat tampil beda, kebanyakan para penggila modif inih adalah kaum muda nyang pengin tampil beda. Out of the box gitu loh!

Rat Bike.

Modif inih bisa dikatakan nyleneh bin ajaib. Segala macam barang kepake atopun ndak kepake, semua nangkring jadi satu diskuter ini. Pemasangan sespan abal-abal, pemanjangan sasis tengah, dan penegasan kesan dekil atopun lusuh adalah ciri dari ubahan Rat Bike pada Vespa. Suara parau knalpot tak bersekat kadang jadi kenikmatan tersendiri bagi si skuteris. “Masa bodo ma yang ndak suka! yang penting enjoy!”, begitu kilah penikmat modif ini. Segala unsur ketidaknyamanan bagi skuteris waras adalah menu wajib bagi penggemar aliran ini. Satu nyang jadi catetan bagi penikmat Rat Bike, mereka, para skuteris yang kemana-mana bak gembel berjalan, nyatanya punya rasa solidaritas lebih dibandingin golongan apapun. Ndak percaya? Percayalah!

Ekstrem.

Kalo nyang ini bisa dikatakan udah ndak punya pakem modifikasi nyang jelas, intinya bener-bener total beda dari laennya, kenapa seperti itu? jelasnya, dialiran ini udah ndak punya acuan tetap. Kondisi skuter nyang dibangun udah keluar dari kodrat si semok, penambahan ato mungkin malah pembentukan ulang design dari nol adalan konsep yang biasanya banyak diambil para penikmati modif ini. Sebage contoh ya pelototin penampakan dibawah…

Low Riders.

Dan nyang terakir pada dobosan kali ini adalah modifikasi Low Riders ato banyak orang mbacot Ceper. Entah itu kendaraan roda 4 ato 2, pasti udah ngeh ato mungkin pernah ter-addicted modif ini. Memang aliran ceper ndak pernah mati sampe kapanpun. Dalam dunia skuter pun, banyak nyang kejangkit wabah ini, tidak kenal itu basiknya aliran Vintage Classic, Chopper, atopun Rat Bike, bisa aja nerapin unsur ceper pada tunggangannya. Tapi awas! jika nekat nyemplung ke virus ceper, hal yang perlu diperhatiin adalah polisi tidur dan tentunya jalan makadam ala disekitar situh. Jangan sampe gara-gara gaya, blok mesin jadi korban nggasrut dijalan.

Demikian dari saya,

Salam.

****************************************************

Nih bonusnya, cadaskan! :-D

Posted in: Modifikasi Motor