Yamaha RX-K 135…eksotisme sport batangan lokal tempo doeloe

Posted on 23 November 2010

78


Kalau kebanyakan orang ditanya soal motor dari Yamaha, motor batangan apa yang paling dianggap eksotis dari keluarga RX series?…tidak sedikit akan menjawab RX-King, betul ngga?. Tapi tidak menurut saya. Motor batangan dari Yamaha yang paling dianggap eksotis adalah Yamaha RX-K. Lho koq bisa?…bagaimana tidak, motor yang lahir tahun 1981 lampau, mampu memberikan warna tersendiri dalam kancah permotoran sport lokal. Dengan design semi sport plus touring, mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi penikmatnya.

Dibekali teknologi mesin 2 langkah, berkapasitas 132cc single silinder, berpendingin udara, mempunyai power maksimal 17.5ps @ 8.500 rpm, mengaplikasikan 5 percepatan, kopling manual tipe basah, mengandalkan rem cakram pada bagian depan dan teromol pada roda belakang yang mempunyai diameter ban 18″-250 depan serta 18″-275 belakang, kapasitas tangki bahan bakar 8 lt, kapasitas tangki oli samping 1.2 lt, dan berat motor keseluruhan adalah 96kg, sehingga membuat RX-K ini mampu digeber sampai kecepatan 150 kph kondisi standar pabrikan.


Tapi sayang, kehebatan akan motor suksesor dari RX-100 ini harus tutup usia pada tahun 1986, karena pada tahun itu sang adik telah mbrojol dari plant Yamaha Indonesia. RX-K harus diganti kehadirannya dengan Yamaha RX-S, tapi memang aneh juga, kenapa RX-K yang mempunyai power bagus malah diganti dengan RX-S yang mempunyai kubikasi mesin jauh dibawahnya yakni 115cc. Ada yang bisa bantu menjawab monggo dishare disini…

Last…itulah sedikit cerita tentang Yamaha RX-K. Tapi sekarang, entah bagaimana kita bisa melihatnya lagi bisa meraung kencang dijalanan dengan suara khas motor 2 tak yang begitu menggoda untuk dibejek lebih dalam kecepatannya.

Demikian dari saya,

Salam.

Kalau dengan yang ini eksotisan mana hayooo ???? :-D