Honda Benly S110…motor laki dengan design mesin semi bebek

Posted on 30 November 2010

42


Hmmm…memang tidak salah jika Honda disebut sebagai pelopor produsen motor beroda dua dengan menggunakan teknologi 4 langkah, bagaimana tidak pada tahun 1973 saja, PT. Federal Motor sebagai pemasok dan penjual tunggal motor bermerk Honda di Indonesia, mendatangkan sebuah motor berkapasitas 110cc untuk memenuhi keinginan konsumen waktu itu, secara built up dari negeri sakura.


Honda Benly s110, dengan mengusung design ergonomis, serta menyandang mesin berteknologi hemat bahan bakar yaitu 4 langkah. Seakan membawa para penikmatnya untuk tetap betah riding bersama dengan situnggangan tanpa khawatir dengan urusan kosumsi bahan bakar jika diajak jalan jauh. Dengan berkonfigurasi mesin tidak tegak bak motor batangan ataupun tidak tiduran layaknya motor bebek, tetapi tetap bisa memberikan hasil power yang lumayan dikelasnya, akan memberikan rasa percaya diri sipengendara untuk tetap stabil memacu kuda besinya dalam kondisi optimal.
Motor yang menggendong mesin single silinder, berkapasitas 109cc, berpendingin udara, mengaplikasikan perpindahan gigi layaknya motor batangan dengan 4 percepatan, berkopling manual tipe basah, nyawa kelistrikan masih disuplai oleh platina dengan sumber dari aki basah bervoltasi 6v, manual kick stater, berperedam kejut teleskopik pada bagian depan dan dauble shockbreker pada bagian belakang, menggunakan roda dengan lingkar 18″-250 pada bagian depan plus berpenghenti laju tromol, serta 18″-275 pada bagian belakang yang juga masih mengandalkan tromol seperti didepan untuk mengurangi laju motor, kapasitas tangki bahan bakar 6lt, yang katanya nih…dari para pak de-pak de yang dulu pernah ngebut sama motor ini, pada waktu itu, motor ini mampu digeber sampai dengan kecepatan 100kpj kondisi standar pabrik….GLEKKKK!!!!!


Tapi sayang, setelah mengaspal selama 5 tahun di Indonesia, tepatnya pada kisaran tahun 1977an, Honda Benly s110 harus lengser keprabon dan dipastikan sudah tidak ada lagi regenerasinya. Tapi mungkin jika ditarik garis keturunan yang mengandalkan design mesin semi tiduran serta perpindahan transmisi layaknya motor batangan, hanya Honda Win 100 lah yang bisa dianggap sebagai suksesor Honda Benly s100. Yang sekarang ini, kedua-dua motor ini juga sudah sama-sama almarhum dan hidup dengan tenang ditangan para pecintanya.


Demikian dari saya,

Salam.

Mbak Farah Fawchett pemeran serial televisi  Charlie Angel era 70’an  juga sama-sama sexy oldies seperti Benly s110 :-D