Honda NSR 150…The Legend Of Speed (Part. 2)

Posted on 4 January 2011

56


Setelah diartikel kemarin sudah membahas Honda NSR 250. Kini saya akan sedikit mengupas tentang adik seperguruan dari NSR 250 yakni Honda NSR 150, yang tentunya dari sudut pandang Blogger Sesat :-D.

Well…Honda NSR 150 pertama kali diciptakan memang khusus untuk market diwilayah Asia saja. Hal ini terbukti dengan dibuatnya markas produksi didua negara Asia, yaitu Thailand dan Taiwan, yang tentunya atas lisensi dari pihak prinsipal Honda Jepang.

Dikisaran awal tahun 2000, di Thailand sendiri, produk unggulan perdana NSR series yang langsung booming ketika pertama kali dikenalkan adalah tipe 150 SP. Walaupun sebelum tipe itu keluar, Honda Thailand terlebih dulu sudah mengeluarkan tipe 150 RR. Atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan NSR 150 Astra. Kenapa Astra? karena pada tahun yang sama pihak Astra Honda Motor (AHM) melakukan import produk tersebut, masuk ke Indonesia. Dan konon berita yang santer beredar, AHM memasukan produk ini ke sini, dikarenakan negera produsennya itu sendiri (Thailand), Honda NSR 150 RR kurang begitu laku dipasaran. Hal tersebut terkait dengan tidak lolosnya sertifikasi test terhadap pelepas gas buang yang di Thailand sudah menerapkan standar EURO. Maka untuk menghabiskan sisa stok, dieksport lah produk tersebut kebeberapa negera Asean, yang salah satunya masuk ke Indonesia.

Honda NSR 150 RR (Astra).

Sedangkan untuk Honda NSR 150 SP sendiri merupakan motor terbaik dikelasnya. Sebuah perpaduan apik antara design khas motor sport fairing dari Italy, dan mesin ciamik turunan teknologi dari NSR 250 MC 21 dari Jepang. Dengan dipersenjatai mesin berteknologi 2 stroke, berkubikasi 149cc, berpendingin cair (radiator), bore x stroke : 59 x 54.5, mempunyai maksimum power 39.5 ps @ 10.500 rpm dan maksimum torsi 2.75 kg-m @ 10.000 rpm, berkompresi 6.8 : 1, mengaplikasikan 6 percepatan, kopling manual tipe basah, diotaki dengan CDI yang mengatur suplai daya kelistrikan bertegangan 12v, serta mempunyai berat total 122.4 kg. Sehingga mampu membuat ridernya ngacir diputaran mesin atas sampai batas kecepatan 180 kph…lho koq cuman segitu? kalau ditilik dari power dan torsi yang ada, harusnya motor ini mampu tembus 200 kph dalam mengail kecepatan. Wahhh…kalau soal itu saya kurang tahu, mungkin ada brur-brur yang mau sharing perihal ini :-D. Dan satu lagi sisi manis dari motor ini adalah pada bagian arm belakangnya yang menggunakan model pro-arm layaknya motor-motor sport berkubikasi mesin besar. Setahu saya, hanya NSR 150 SP inilah motor sport ber cc kecil berlengan ayun tunggal, layaknya motor-motor sport ber cc besar.

Honda NSR 150 SP.

Oo..iya…Pada masa transisi produk dari tipe NSR RR ke NSR SP, ternyata masih ada lagi tipe yang dikeluarkan oleh Honda Asia Pasific Thailand, yaitu Honda NSR 150 new RR. Jika ditilik dari segi design, motor ini layaknya tipe SP yang dijejali mesin RR. Karena secara model tampak luar hampir sama, cuman yang membedakan ada pada lengan ayun belakangnya yang masih mengandalkan model monoshock. Sedangkan untuk urusan dapur pacu, motor ini juga hampir sama dengan sang adik, dimana perbedaan hanya terletak pada torsi dan power. Pada motor ini mempunyai torsi sebesar 2.74 kg-m @ 9.000 rpm dan power sebesar 37ps @ 10.000 rpm, serta bobot motor yang hanya mencapai 120.9 kg. Kabar beredar yang berhembus pada waktu itu, pada saat perancangan design body dan riset mesin, pembalap kenamaan HRC (Honda Racing Corp) yaitu Michael Doohan, turut serta menyumbangankan idenya untuk pembangunan motor ini.

Honda NSR 150 new RR.

Tapi jauh sebelum ketiga tipe diatas meracuni para bikers pecinta kecepatan dinegeri ini, Honda NSR 150 sudah duluan wara wiri dijalanan Indonesia dengan tipe NSR R. Motor yang diperkenalkan oleh AHM pada tahun 1994 ini, telah mendapat hati dipara pecintanya. Dengan model dan basis mesin diatas produk kompetitor yang sejenis, Honda NSR 150 R telah berhasil meracuni para penikmatnya untuk terus menggeber kecepatan. Jika ditilik dari basis mesin, motor ini mempunyai spek hampir sama dengan para adik-adiknya, apalagi dengan sang adik kandung yaitu NSR 150 Astra. Cuman yang membedakan motor ini dengan motor NSR varian terbaru adalah pada pola pengapian, dimana tipe R masih mengandalkan arus AC sedangkan semua varian terbaru telah menerapkan arus DC. Pada maksimum power, motor ini juga kalah telak dibandingkan dengan para adik-adiknya, dimana tipe R masih mengandalkan power 28 ps @ 10.000 rpm. Berhubung pada tahun 1998 Indonesia dihantam badai krisis moneter, maka penjualan motor sport dengan harga diatas rata-rata juga terkena imbasnya, yang mengharuskan pihak pabrikan untuk mendiscontinue produksinya.

Honda NSR 150 R (AHM).

Untuk di Taiwan. Produk NSR 150 dipercayakan produksinya oleh Kwang Yang Motor Co. (Kymco) sebuah produsesn sepeda motor yang terkenal akan produk scooter maticnya. Kymco NSR 150 adalah produk yang dijual khusus untuk kawasan China daratan saja. Dari informasi yang didapat, hasil power NSR 150 produksi Taiwan ini mempunyai tenaga paling kecil dibanding produk NSR 150 R Indonesia maupun NSR 150 RR/SP Thailand. Hal ini ditengarai karena penggunaan karburator dengan ukuran dibawah produksi kedua negara tersebut, serta ukuran porting pada ruang bakar juga mengecil dibandingkan tipe NSR 150 produk Honda Asia Pasific. Dilihat dari sisi maksimum powerpun, motor ini terbilang jauh miskin dibanding saudara seperjuangannya. Jika pada produk Honda NSR 150 R buatan AHM mempunyai horse power 28 ps @ 10.000 rpm, maka dimotor ini hanya mempunyai power 22.5 ps @ 9.500 rpm. Hmmm…kenapa bisa begini yach, pihak prinsipal Honda Jepang membatasi ruang gerak mesin NSR produksi Taiwan?

Kymco NSR 150.

Last…Itulah sedikit ulasan dari saya tentang keberadaan motor sport NSR 150, yang kini bisa dibilang hampir punah keberadaannya dari jalanan negeri ini ataupun negera pembuatnya masing-masing. Tapi walaupun begitu, para pecinta NSR 150 masih terbilang lumayan banyak, maka bagi anda yang beruntung mempunyai motor ini, rawatlah tunggangan anda tersebut, karena itu adalah salah satu motor paling eksotis didunia ini…apakah dengan menyebut kata eksotis pada Honda NSR 150 terlalu berlebihan? saya rasa tidak :-) .

Demikian dari saya,

Salam.
—————————————————————-

Bagi kaum adam pecinta motor, pasti setuju kalau Honda NSR 150 digolongkan sebagai sexy motorcycle pada masanya…lantas, setujukan anda jika si mbak ini juga digolongkan sebagai mahklum Tuhan paling sexy ?

*Noted: Gambar ilustrasi Honda NSR 150 dan Kymco NSR 150 diambil dari sini, sini dan sini.