Suzuki RG-150V Megatone, varian terakhir dari generasi RG-V series.

Posted on 27 April 2011

54


Masih ingat dengan produk flagship sepeda motor batangan dari Suzuki Indomobil Indonesia ditahun 90’an khan? Masa sudah lupa dengan Suzuki RGR 150? Saya harap anda masih ingat baik keberadaan motor tersebut. Motor yang telah almarhum sejak tahun 1997 tersebut, ternyata di Thailand masih diproduksi dengan mendapat permak luar dalam sebagai pendongkrak eksistensi keluarga Suzuki RG-V series.

Yup! disana (Thailand), motor ini mendapat perlakuan istimewa, walaupun kala itu produk Suzuki Lions Malaysia yakni FXR 150 sedikit demi sedikit menggerogoti singgasana RG-series yang masih mengandalkan teknologi 2 tak nan konvensional. Tapi bagi pabrikan Suzuki Thai, dominasi RG-series jangan sampai runtuh dalam waktu dekat, sebisa mungkin pamor produk kebanggaan yang telah mengaspal sejak tahun 1988 tersebut harus diupgrade secara tampilan, agar wibawa sang jagoan bertahan tetap jaya dijalurnya.

Setelah melalui proses poles sana-poles sini, akhirnya lahirlah Suzuki RGV 150 Megatone ditahun 1998 sebagai hasil regenerasi produk RG-150V sebelumnya, atau kalau di Indonesia lebih ngetrend dengan nama Suzuki RGR 150.

Suzuki RG-150V Megatone, merupakan generasi terkahir dari klan RG-V series.

Secara wujud muka, motor ini dilahirkan kembali kecita rasa tempo dulu yakni menjurus model sport cruiser, sama halnya dengan pertama kali Suzuki RG-150V keluar kepasaran. Hal tersebut bisa dilihat dari pemilihan half fairing sebagai kerudung tampang layaknya produk generasi RG-150V sebelumnya. Ataukah pemilihan mode half faring ini untuk mengejar moment kemunculan FXR 150 yang sama-sama menerapkan model seperti itu? entahlah….

Lantas bagaimana dengan spek mesinnya? yeah! untuk urusan dapur pacu, motor ini masih mempertahankan kebandelan teknologi SSS (Super Scavenging System) serta SIPC (Suzuki Intake Pulse Control) dalam jeroan produk RG-150V sebelumnya. Mungkin juga kenapa mesin tidak mendapat rombakan yang berarti, karena dengan melakukan hal ini bisa menghemat cost R&D dan juga mempermudah dalam melakukan common parts antara produk lama dengan baru….hmm smart decision!. Toh tanpa dirombak secara frontalpun sifat liar power dari motor gacoan Suzuki tersebut sudah tidak ada yang meragukan lagi bukan?.

Last!…itulah sedikit informasi mengenai generasi terakhir dari klan dinasti Suzuki RG-150V yang setelah kemuculan seri Megatone 150, produk motor sport Suzuki kelas light sport 150 berteknologi 2 tak konvesional disuntik mati diawal tahun 2000’an silam. Sebagai motor yang mempunyai catatan sejarah panjang, yakni dari awal kemuculannya ditahun 1985 hingga berakhir diawal-awal tahun 2000’an, Suzuki RG-150V telah menorehkan tinta emas bagi riders pecinta kecepatan untuk merasakan sensasi membelah angin diatas motor 2 stroke 150cc.

Appendix picture.

Suzuki RG-150V S merupakan versi pertama dari keluarga RG-V series.

Suzuki RG-150V SS, adalah generasi kedua dari trah dinasti RG-V series.

Demikian dari saya,

Salam.

***************************************************************

Memang motor-motor sport 150cc generasi 2 tak mempunyai daya pikat yang istimewa kepada para penyukanya, sama halnya dengan si mbak yang satu ini…benar-benar bisa memberikan daya pikat yang sempurna bukan untuk anda? :-D.