Yamaha ZRF-150, ZRZ-150, dan ZRV-1, kisah regenarator RX-Z 135.

Posted on 5 May 2011

26


Yamaha RX-Z 135 kode 3XL3 versi Malaysia.

Tentunya anda masih ingat baik wujud bentuk dari Yamaha RX-Z bukan? sebuah motor sport cruiser batangan kebanggaan YMKI (Yamaha Indonesia) di era 90’an silam. Ya!, motor yang juga merupakan salah satu produk global dikawasan Asia tersebut ternyata tidak berhenti beregenarasi lho. Maksudnya?

Begini, selepas masa produksi tahun 2004 lalu, khususnya dari pasar Malaysia, design bentuk dari motor yang berumur cukup panjang dalam rentan waktu penjualan dibeli hak regenerasinya oleh produsen motor asal negeri China. Hah!maksudnya?!, eits…tunggu dulu, jangan berburuk sangka jika nantinya RX-Z akan dikloning seperti motor-motor yang terlebih dulu mendulang sukses dipasaran seperti yang sudah-sudah.

Jianshe Yamaha Motor China, merupakan pabrikan sepeda motor asal negeri tirai bambu yang akhirnya berhasil membeli hak regenerasi RX-Z ke teknologi lebih fresh. Yak! kata-kata regenerasi teknologi rasa-rasanya sudah paling tepat untuk diungkapkan pada hasil produk dari pabrikan tersebut.

Karena semula, Yamaha RX-Z yang dari awal kemunculan ditahun 1985 hingga 2004 eksis dengan teknologi mesin 2 tak nya, kini diperbaharui dengan menggendong mesin baru. Benar-benar baru secara total, karena pakem teknologi 2 tak telah dibuang jauh-jauh dan era aplikasi mesin 4 tak telah dibenamkan pada tubuh motor ini.

Yamaha ZRF-150 gen 1 kode QJYM-150A, motor pertama dari hasil regenarasi RX-Z 135.

Dengan bergantinya mesin yang digendong, berganti pula nama yang diemban. Jika dulu RX-Z adalah produk kebanggaan era mesin 2 tak, kini nama Yamaha ZRF-150 merupakan penerus estafet kejayaan pendahulunya.

Dibekali mesin 4 langkah berkubikasi 147cc (bore x stroke 57mm x 57.8mm), 1 silinder SOHC, berpendingin udara, 5 speed, dengan kompresi 10.5 : 1, telah memberikan awalan yang sempurna bagi ZRF-150 meringsek kepasaran motor lokal negeri China. Apalagi dibawah payung lisensi dari pihak prinsipal Yamaha Jepang, saya rasa soal durabilitas mesin, motor ini masih bisa diandalkan dari pada produk lokal yang banyak berkembang disana.

Yamaha ZRZ-150 gen 2 kode QJYM-150B, hasil facelift dari produksi pertama.

Jangan anggap remeh produk motor China yang satu ini, itu yang tersirat untuk pertama kali bagi yang melihatnya. Walaupun jika sekilas pandang sebagai sosok RX-Z wannabe, tapi jangan anggap enteng power yang dimuntahkannya. 9.1Kw @ 9.500rpm dengan torsi mencapai 10.5Nm @ 6.500rpm, sudah bisa digambarkan diatas kertas bahwa ZRF-150 juga layak untuk dipinang sebagai kuda besi kesayangan.

Memasuki tahun 2007/08, tampilan ZRF-150 yang semula mempunyai kesamaan model dengan RX-Z gen 3 berkode 3XL3 Malaysia, kini difacelift pada bagian kedok lampu depan. Menganut model slip stream bersudut tajam dengan signal lamp menyatu kedalam head visor, telah memberikan penyegaran kepada enthusias motor ini. Dengan adanya facelift tersebut perubahan nama pada motor ternyata juga berlaku, nama ZRV-1 mungkin dianggap membawa hoki bagi pihak pabrikan. Maka hingga sekarang Yamaha ZRV-1 masih sering nampak wira-wiri dijalanan negeri China guna mempertahankan eksistensi kesuksesan kakek buyutnya, yakni Yamaha RX-Z 135.

Yamaha ZRV-1 gen 3 kode QJYA-150C, varian terakhir yang sampai saat ini masih diproduksi oleh Jianshe Yamaha Motor China.

Demikian dari saya,

Salam.

********************************************************************

Walaupun Yamaha ZRF-150 atau ZRV-1 asli produk China, tapi jangan salah soal kemampuan, masih bisa disandingkan dengan produk Jepang lhooo. Sama juga dengan si mbak yang satu ini, walaupun asal dari negeri tirai bambu jangan salah akan pesonanya, yang dijamin bikin anda kaum pejantan belingsatan :-D.