Yamaha TZM 150, motor eksotis yang hingga kini belum tergantikan oleh produk YMKI lainnya.

Posted on 25 May 2011

99


Memang tanpa cela melihat model serta power yang ada pada motor sport batangan satu ini. Cuma satu kelemahan dari produk unggulan pabrikan garpu tala tersebut, yaitu banderol harga yang tidak terjamah oleh sebagaian besar rakyat Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, depresiasi nilai tukar mata uang asing terutama dollar di akhir tahun 90′an sangatlah gila-gilaan hingga mempengaruhi efek nilai jual dari Yamaha TZM 150. Benar!, TZM 150 kala itu hadir dengan sosok yang sempurna sebagai motor batangan dengan tema sporty tulen, tapi sayang sungguh sayang, kehadirannya dirasa kurang tepat karena imbas dari krisis moneter sangat berasa pada jumlah edar yang ada dinegeri ini.

Okeiii, sekarang kita tengok dari sisi penampilan. Secara garis besar, TZM 150 merupakan gabungan dari mode motor sport batangan 2 era, kenapa bisa begitu?. Tengok saja pada sektor fairing depan, sudut garis tajam meruncing dengan head lamp serta signal lamp yang menyipit, bisa disimpulkan bahwa design pada fairing depan mengadop modern style layaknya fairing kebanyakan motor sport keluaran era 2000′an keatas. Dan classy style pada motor ini diwakili pada design buritan. Penampakan stop lamp yang membulat dengan mode body yang agak tembem kurang slim, serta design jok yang masih menyatu antara rider dan boncenger sangat kentara dengan tampilan motor-motor sport era 90′an kebawah. So, bisa digaris bawahi bahwa TZM 150 mempunyai cita rasa transisi dari dua era, kerennnn!

Lantas bagaimana dengan performa? apakah dengan tampilan yang aduhai juga berimbas pada ouput daya yang super aduhai atau malah dibawah ekspektasi?. Jika menilik dari data yang ada, dengan daya kuda mencapai 36.0 ps @ 10.500 rpm, hmmm…bisa dikatakan TZM 150 hadir tanpa ada perlawanan yang berarti diantara motor sport yang ada kala itu. Coba bandingkan RGR 150 keluaran Indomobil Group, jelas jauh lebih superior si TZM 150, kalo dengan NSR 150 R keluaran AHM, ahhh…juga masih unggul diperforma oleh TZM 150, kalo dengan Ninja 150 nya KMI, yeah hampir bisa nempel tapi kesan eksotis masih tetap unggulan TZM 150 lahhh.

Dengan spek keseluruhan yakni mesin berteknologi 2 langkah, liquid cooler, berkubikasi 147cc (bore x stroke = 59.0 x 54.0 mm), dengan kompresi 6.0 : 1, serta masih mengandalkan karbu Mikuni bermoncong 30SS untuk mengolah pasokan bahan bakar ke ruang bakarnya, motor ini sanggup berlari layaknya jet darat. Tidak lupa fitur teknologi berupa YPVS (Yamaha Power Valve System) yang bisa dikatakan tugas kerjanya hampir mirip dengan RC-Valve nya NSR, dimana alat tersebut mengontrol lubang buang secara mekanis elektrik, maka lengkap sudah kedigdayaan motor tersebut dikancah adu kebut jalanan.

Last, itulah sedikit gambaran cerita mengenai Yamaha TZM 150. Yang walaupun jumlah keberadaanya tidak tergolong banyak di negeri ini, tapi pesona eksotisme dari motor tersebut tidak bisa terbantahkan. Bahkan menurut pandangan saya, aura sport tulen dari TZM 150 sampai detik ini belum bisa tergantikan oleh produk 4 tak YMKI yang ada, gimana YMKI mau kah ‘anda’ me reborn TZM 150 dengan versi yang lebih ramah lingkungan?

Demikian dari saya,

Salam.

********************************************************

Aihh…aihhh…TZM 150, dirimu memang mempunyai pesona luar biasa, sama juga dengan si mbak cantik ini lhooo pesonamu :-D.