Menerima kesialan setelah menabrak kucing hitam, benarkah?

Posted on 11 July 2011

48


Kata orang tua-orang tua jaman dulu, kalo nabrak kucing item dijalan pertanda bakal dapat kesialan, entah kesialan nyang kayak gimana? sayah sendiri juga kurang peduli. Sampe akhirnya pada kejadian kemarin malem, ketidak pedulian itu jadi semacem ganjalan nyang ngegantung diotak, bahkan sampe artikel ini mbrojol.

Critanya gini. Sabtu malam kemaren, karena Nyi Nugros ada keperluan ma temen kerja,  sebage suami yang (sok) baek harus merelakan waktu didepan komputer demi berganti tugas nganter estri. Sebenernya sigh, dalem hati ini ngedumel jugak, lha wong barusan pulang telat soale ada lembur ditempat nguli, eee, baru istirahat 20 menit malah nganter pergi. Tapi yo wis lah, dari pada entar malem ndak dapet jatah ‘nglendir’, khan bisa berabe! :-D

Sehabis nitipin sikecil dirumah neneknya maka perjalananpun dimulae. Sampe daerah Sumber menuju jalan Adi Sucipto, Solo (arah ke SMU Ursulin), tiba-tiba tepat diperempatan Indomaret Sumber, seekor kucing item lari melintas nyebrang. Mungkin karena si kucing kaget denger decit ban ‘bebek’ sayah nyang ngelakuin  hard braking, maka pas ditengah persimpangan entu kucing malah balik mundur. Ndak make lama, tubuh mungilnya langsung kegiles ban, Miawww! Crot!

Roda depan si bebek pun langsung oleng karena keilangan traksi akibat nglindes kucing tadi. Yeah, dari kejadian ini sayahpun sempet misuh-misuh, tapi untungnya ndak sampe jatuh, ya udah.

Yang ini bukan kucing hitamnya Pak Camat aka Irawan Koboys lhoo. :-D


Berubung kejadian ini diliat beberapa pasang mata, orang-orang nyang masuk atopun keluar dari Indomaret, saya pun berinisiatif ngentiin motor. Clingak-clinguk kebawah, nyoba ngecek, ngeliat kondisi si kucing naas tersebut.

Nah! disinilah keanehan dimulae! Kucing nyang harusnya tadi kelindes kok ilang entah kemana. Apakah tadi terpental pas kejadian, ato mungkin cuman keserempet lalu lari. Ah, udahlah! pikir saya, walopun sebenarnya ngerasa ada nyang ndak beres.

Ternyata bener juga kata hati sayah. Belum ada sejam kejadian berlangsung, satu persatu peristiwa nyang lumayan bikin jengkel saking ndak beresnya akhirnya ngampirin.

Nyang pertama. Kejeblos dan jatuh dijalan daerah dekat rumah teman istri di Singopuran, Kartasura. Gara-garanya sepele banget, lubang akibat aspal terkelupas. Untung ndak apa-apa, cuman baret ringan dipergelangan tangan karena bersinggungan ma permukaan jalan.

Nyang kedua. Bocor ban pas pulang dari rumah teman istri, tepatnya didepan SMP 12 Manahan. Untung jarak ma tukang tambal ban cuman 30 metaran.

Dan nyang terakhir. Kejadiannya hampir jam 10 malam, tepatnya didepan taman terminal Tirtonadi, Solo, tiba-tiba suara…Krakkk! rante bebek nyang teritung 5 bulan baru ganti 1 set komplet ma gir depan belakang putus tanpa sebab. Padahal sayah inget betul 1 minggu sebelumnya kekencangan gir dan rantai baru saja di stel. Apakah ini karena kualitas part orisinal nyang ngakunya jaminan kualitas Astra udah ndak sesuai ma kondisi part asli bawaan pabrik? Entahlah.

Akhirnya. Puncak dari semua ‘bencana’ ituh adalah ritual dorong motor malem-malem ma istri. Untung jarak rumah ma tempat kejadian ndak begitu jauh. Tapi rasanya tuh juengkel banget, jengkel bukan karena kasus tabrak kucing, tapi jengkel karena acara  ‘nglendir’ bareng nyang udah diagendain tinggal angan-angan. Perlu situh ketahuin, saya ni udah 2 hari ndak setor ‘lendir’, tau sendirikan gimana rasanya, empot-empotan cuy, giliran ‘tandon lendir’nya mau diajak, eee, masalah njemput dijalan. Damn!

Nah. Dari semua dobosan barusan dapet ditarik kesimpulan.

Tadi pagi pas sarapan bereng, tiba-tiba Nyi Nugros nyletuk. Apa mungkin semua hal diatas ada hubungannya ma kucing hitam kemarin? Sebage orang Jawa, tentunya secara ndak langsung kalo ada musibah nyang terjadi beruntun, sukanya ngubung-ngubungin ma mitos. Entah bener, entah salah, buktinya udah kejadian.

Sebage manusia beragama, walo ndak sereligius situh, saya kurang percaya dengan mitos macam itu. Contohnya kalo nabrak kucing item bakal nerima kesialan. Tapi pusingnya, kalo ndak percaya lha kok benar-benar kejadian. Terus, gimana menurut situh?

Demikian dari saya,

Salam.

Posted in: Journal