Jika anda harus mencuci motor sendiri

Posted on 20 July 2010

13


Mungkin artikel ini sudah banyak yang menulis atau mengulas tapi ga ada salahnya donk untuk direfesh agar para om-om sekalian tidak lupa atau malah tambah ilmu tentang bagaimana nyuci motor sendiri dengan baik dan benar😀

Pernahkah sampean mencuci tunggangan kesayangan anda sendiri??? mungkin karena lagi tanggal tua ga punya duit, lagi bokek karena uang khusus perawatan motor habis untuk nyenengin pacar atau istri atau bahkan anak dan mungkin banyak lagi kasus lainnya yang bisa om-om sebutin sendiri…
Jika para om-om memutuskan untuk mencuci motor kesayangan sendiri maka perhatikan beberapa hal berikut ini…


1. Air.
Kualitas air yang digunakan mencuci haruslah baik. Tidak boleh berwarna keruh atau mengandung tanah bahkan pasir kenapa? karena air seperti ini hanya akan membuat warna tunggangan sampean akan memudar. Timbunan tanah atau pasir yang terbawa oleh air memang sangat kecil dan tidak terlihat tapi kalo lama kelaman anda tetap cuek dengan kualitas air untuk mencuci maka dikawatirkan akan menggerus lapisan cat pada bodi motor yang akhirnya lama kelamaan malah akan membuat warna tunggangan anda buram dan kusam.
2. Alat untuk mencuci.
Jika sampean memutuskan untuk mencuci motor sendiri perhatikan cara memilih sabun yang baik bagi tunggangan anda, pilihlah sabun yang berbentuk cairan dengan kandungan silikon karena itu akan memprotek plus menambah kecemerlangan permukaan cat pada motor sampean dan jangan sekali-kali menggunakan ditergen, shampoo atau sabun colek karena akan berakibat timbul scratch halu pada permukaan motor sampean
setelah selesai dengan acara main sabun-sabunan dengan tunggangan anda maka usahakan untuk menyeka atau mengeringkan tunggangan dengan menggunakan 2 kanebo yang berbeda, kenapa harus 2? karena kedua fungsi kanebo tersebut akan berbeda yakni kenebo pertama untuk melap bagian halus pada motor berupa area bodi, jok, tangki dan lampu sedangkan kenebo kedua untuk melap bagian yang kasar berupa velg, shock breaker, dan knalpot. Ingat jangan pernah menggunakan 1 kanebo untuk melap bagian-bagian tersebut kalau tidak ingin hasilnya malah merusak kemulusan tunggangan anda sendiri.😀
Untuk bagian rantai saya sarankan jangan pernah membersihkan dengan menggunakan minyak tanah atau bensin karena itu akan merusak lapisan karet yang terdapat pada rantai motor anda, jika membersihkan rantai cukup dengan chain lube aja karena selain melumasi kandungan cairan dalam chain lube juga mengandung bahan ditergent untuk merontokan kotoran pada rantai.
3. Cara mencuci.
Sekarang bagian yang paling menyenangkan dalam mencuci yaitu permainan sabun-sabunan, untuk pertamakali dalam mencuci motor yaitu basahilah seluruh permukaan motor dengan air bersih direkomendasikan menggunakan air PAM atau air yang tidak mengandung tanah dan pasir.
Muncuci yang baik adalah memulainya dari bagian bawah yaitu kaki terlebih dahulu kemudian naik kebagian mesin, shock breaker lalu knalpot yang terakhir adalah bagian atas berupa body, lampu dan jok. Jika sudah selesai silahkan dikeringkan dengan menggunakan kanebo pertama untuk bagian atas dan kanebo kedua untuk bagian bawah.
Setelah selesai semua melakukan pengeringan maka oleskan atau semprotkan cairan silikon keseluruh permukaan plastik tunggangan sampean tapi ngat jangan pernah memberikan silikon pada jok atau permukaan roda karena akan memberikan efek licin berbahaya pada saat riding dalam cuaca hujan.😀

Demikian dari saya,

Salam.

Ehhhh…sekalian mo memperkenalkan tukang cuci motor pribadiku dirumah, dan sekalian mo nunjukin kalo mereka emang profesional dibidangnya😀

Dari sebelah kiri mba Mulyani, mba Hartanti, mba Yanti dan paling kanan mba Mursini😀

Dari kiri mba Lestari, mba Nunik dan paling kanan mba Harjanti😀

Lha kalo yang ini pertamanya tukang cuci panggilan dan dia baru aja tak angkat kerja disini jadi kurang begitu kenal kalo para om-om mo kenalan silakan aja…😀

Posted in: Journal