Vetrix VX-1 simega scootic berpower electric

Posted on 10 August 2010

11


Kali ini saya memberikan sedikit review yang diperoleh dari salah satu web automotif luar negeri tentang sebuah mega scooter elektrik keluaran negeri Paman Sam yang komponennya sebagian besar diassembly oleh negara China, matik bertenaga listrik tersebut adalah Vectrix VX-1 sebuah sepeda motor tipe matik dengan tidak menggunakan bahan bakar berupa minyak fosil seperti kebanyakan motor-motor matik lainnya sehingga pihak pabrikan mengklain bahwa produknya tersebut akan sangat bebas dari polusi.
Sebenarnya matik ini bukan merupakan barang baru dikawasan asalnya yaitu Amerikan dan negera-negara besar di Eropa sana karena memang sudah dilaunching pada akhir tahun 2009 kemarin, tapi mungkin berhubung para om-om sekalian belum tentu mendengar mengenai keberadaan produk ini maka tidak ada salahnya kalo kita kupas bersama-sama apa dan bagaimana purwa rupa dari simega skutik elektrik ini.


Kesan Pertama.
Bagi pengguna skutik kebanyakan pasti akan kaget dengan model, bentuk dan bobot dari motor ini. Kesan pertama yang diperlihatkan dari sosok Vetrix VX-1 ini adalah besar dan lebar…yahhh kalo mo dibechmark sihhh sepadan dengan ukuran matik dari pabrikan Suzuki yaitu Burgman 650 dengan total berat 234 kg…waowwwww…terus untuk model menyasar ketipe cruiser, hal itu diperjelas dengan posisi setang yang agak tinggi, ruang pijakan kaki luas dan lebar sehingga posisi kaki sipengendara bisa dipastikan leluasa untuk menapak dengan model kaki maju kedepan atau diposisikan sejajar seperti orang duduk dikursi.
Posisi kontur jok berbentuk berundak dengan bentuk lebar dan bagian depan memanjang kebawah sehingga memberikan kesan santai saat pengemudi duduk untuk melakukan kontrol setang dalam berkendara.
Konsol yang ada dibagian setang begitu lengkap dari speedometer analog penunjuk kecepatan pada bagian tengah dengan odometer dibawahnya, tripmeter penunjuk daya kapasitas pada batterei motor pada bagian kanan, digital display penunjuk posisi on/off motor, kondisi batterei sewaktu dicharge sudah full/belum, jumlah kilometer yang sudah dilalui, jam digital, bluetooth dan sinyal handphone pengendara yang sudah disetting untuk ditampilkan kekonsol diplay pada setang, dan yang terakhir yaitu lampu led penunjuk sorot lampu utama jarak jauh/ dekat, sein kanan/ kiri, kondisi batterei motor saat lemah, kondisi motor pada saat posisi diam yang kesemuan panel tersebut terletak pada bagian atas.
Posisi kedua spion pada matik ini juga sudah disesuaikan dengan pengendara yang jikalau ingin melihat kondisi lalu lintas dibelakangnya tidak perlu menolehkan kepala kekanan atau kekiri jadi cukup hanya melirikan mata saja maka sipengendara sudah bisa melihat dengan jelas kearea belakang.

Pada bagian kaki seperti kebanyakan mega skutik lainnya sudah menggunakan roda berdiameter 14″ dengan lebar tapak 12/70 untuk bagian depan, sedangkan bagian belakang menggunakan diameter 13″ dengan lebar tapak 140/60 dan kedua ban yang digunakan adalah barand Pirelli GTS 23 untuk depan lantas pada bagian belakang menggunakan brand Pirelli GTRS 23. Sedangkan untuk peredam laju motor sudah menggunakan sistem disk brake depan belakang berkaliper Brembo dual piston.
Untuk peredam kejut depan menggunakan tipe teleskopik sedangkan belakang shock stereo bermerk Marzocchi ukuran 35mm…hmmm…akan terasa nyaman tentunya untuk melibas jalan yang sedikit bergelombang.

Vetrik VX-1 ini mampu dipacu dengan kecepatan maksimal 62 kph dan untuk meraih kondisi 0-50mph hanya diperlukan waktu 6,8 detik. Dengan keadaan batterei full matik jumbo ini bisa digeber sejauh antara 35 s/d 55 mile.
Kelebihan dari motor ini adalah jika batterei mulai dalam kondisi low bisa saja langsung dicharge pada fitting listrik seperti pada umumnya yang bervoltase 110/220 dengan hanya membutuhkan waktu charging selama 2 jam untuk memperoleh kondisi batterei secara full…tapi gimana ya kalo mogok ditengah area perhutanan????? he..he..he😀

Ooo..iya hampir lupa…motor ini juga punya fitur unik lhooo…apaan tuhhh?????…jika sipengedara ingin mengurangi kecepatan terdapat dua mode pilihan yaitu dengan cara klasik menekan tuas rem depan belakang sedikit demi sedikit atau tinggal memutar handle grip gas pada setang dengan arah berkebalikan sewaktu memelintir bukaan gas, maka jika bukaan gas dikurangi maka kecepatan motor juga ikut berkurang….tidak seperti motor kebanyakan jika bukaan gas dikurangi motor masih juga tetap ngeloyorrrr ngga karuan….

Last.
Sangat menarik bukan motor ini jika dilihat dari fitur, model tongkrongan dan yang terutama adalah keramahannya pada lingkungan karena bebas polutan ????…tapi terlepas dari semua itu setidaknya motor ini tetap saja sungguh tidak layak untuk berkomuter dijalan Indonesia terutama diibu kota Jakarta yang super macet tersebut dikarenakan bodi besar nan lebar yang tidak akan lincah dan bersahabat untuk bermanuver ria…he..he..he…dan tentunya yang bikin geleng-geleng kepala adalah harga simatik listrik jumbo ini sangatlah super tidak bersahabat untuk kondisi keuangan rakyat Indonesia kebanyakan yaitu $ 8.495 atau sekitar 76 jutaan rupiah….wowwwww😦

Jika sampean mau tahu informasi lebih detail mengenai produk ini silakan klik disini.

Demikian dari saya,

Salam.

Posted in: Journal