Saya dan Vespa.

Posted on 20 August 2010

32


Ada pepatah Jawa nyang bilang, ‘Witing Tresno Jalaran Soko Kulino’, ato kalo dalam bahasa Endonesa diartiken, rasa suka ituh dateng karna biasa.

Nah. Itu dia perasaan nyang sayah alamin saat ini dengan tunggangan sayah sehari-hari. Vespa P100TS.

Berawal dari SD kelas 4’an nyang udah biasa diajak kliling kota ma almarhum babe  make skuter semok, Vespa Sprint II 150 kluaran taun jebot, 1971, ngebuat sayah bener-bener jatuh hati pada kuda besi satu ini.

Cobak liat bohay pantatnya, bak gitar spanyol cuy, sexy, bodi rangkanya nyang kokoh macam tank Jerman, ngebuat skuter ini terliat gagah dimata sayah.


Perlu situh ketahuin. Pertama kali bisa nyemplak motor, sayah tu make Vespa, pertama kali ngalemin keclakaan motor ya make Vespa jugak, pertama kali ditolak cewek nganter pulang sekolah, ya make, lagi-lagi Vespa, dan pernah malem-malem dikejar banci Alun-alun Kidul Kraton Kasunanan, Solo, apa lagi kalo ndak make Vespa. Wis pokoke, ndak sedikit kenangan baek buruk sayah make Vespa.

Vespa Sprint II 150, taun 1971, skuter pemberian alm. babe nyang sampe sekarang masih dijaga.

Sampe detik inih, saya tuh punya keinginan ambisius buat ngoleksi banyak Vespa digarasi rumah. Misal dari taun 60’an identik dengan Vespa Congo, lalu taun 70’an identik dengan Vespa Super/ Sprint, lanjut taun 80’an identik dengan PX/PS/PTS/Spartan, sedang taun 90’an identik dengan Excel/Exclusive/Corsa, dan terakhir taun 2000’an identik dengan New PX. Tapi sayang, rejeki belum berkehendak, sampe sekarang pun baru Vespa P100TS lah nyang nangkring dirumah.

***

Vespa Super 150, keluaran taun 75, modif dekil tapi mesin ecesss! Ni skuter asli milik adik sayah.

Sedikit anekdot tentang Vespa.

Banyak orang awam bakal mbacot macam ginih soal Vespa, soale mereka ndak tau kalo, Lebih Baik Naik Vespa!

(A) Vespa itu kan kuno, ndak gaul, bos!

(Q)  Siapa bilang?! tuh liat, sekarang aja AHM ngluarin Scoopy nyang modelnya miripVespa Small Frame. Siapa nyang ngikut cobak?!

(A) Vespa itu khan biang polusi, bos.

(Q) O ya?!  kalo dibanding bis, mikrolet, bajai, ato truk, parahan mana cobak?

(A) Vespa itu khan identik dengan orang susah, bos.

(Q) Masa sigh?! kalo situh orang kaya napa beli motor plastik? injeksi lagi, sebulan berapa duit nyang situh keluarin? Bisa nyimpulin kan, siapa sekarang nyang keliatan kayak orang susah?

(A) Vespa itu kan ndak ada larinya, bos.

(Q) Ngapain ngebut? emang situ udah siap masuk surga?

(A) Vespa kan motor paling nggak aman, bos.

(Q) Sapa bilang?! cobak motor plastikmu ditaruh luar rumah semaleman, duluan mana nyang ilang? Vespa ato punyamu?!

(A) Vespa itu khan motor…

(Q) Halah! situh punya mulut ndak usah banyak bacot!

Vespa P100TS, klaeran taun 1981, bage nyang ndak tau siapa dia berarti kebangeten.

Demikian dari saya,

Salam.

Posted in: Journal