Serial bebek-bebek jago asli import (tamat)

Posted on 22 August 2010

15


Bingung juga nih mo masukin Honda Nice 110 kemotor bebek jago atau jago bebek, lha koq bingung kenapa???…ya karena ni motor bisa dibilang soal powernya masih dibawah motor-motor bebek hyper kebanyakan yang asli import dari Thailand.

Pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 2001, motor ini hanya mendapat apresiasi dingin dari para konsumen. Apa sebab karena pada waktu itu kebanyakan mindset konsumen akan motor import alias CBU adalah performa yang gahar dengan tampang sporti abissss…okelah untuk urusan tampang memang sudah bisa dibilang memenuhi kualifikasi, bisa dilihat sendiri…dengan model ayam jago yang kala itu lagi booming sehingga sempat menusuk mindset konsumen untuk sedikit menoleh akan motor keberadaan ini. Tapi kalau melihat performa….nanti dulu…jangan tertipu oleh modelnya.


Dengan menyandang mesin 4 langkah, hampir serupa dengan Supra XX 100cc series produk lokal AHM, berkapasitas 109cc SOHC, berpendingin udara, berkarburator Keihin 18mm, bore x stroke adalah 50.0 x 55.5mm, berkompresi 9:1, kopling manual, aki basah, menganut 4 percepatan, setang clip-on, double stater, shockbreker stereo, berpenghenti laju disk brake pada bagian depan dan belakang…dan hanya sanggunp digeber pada kecepatan maksimal 110kph, sehingga membuat konsumen maniak motor bebek import enggan untuk melirik produk ini.

Dengan banderol harga 16 jutaan yang disetting dibawah produk kompetitor ataupun kedua kakaknya yaitu Honda Dash maupun Sonic pada waktu itupun, tidak bisa mendongkrak hasil penjualan Honda Nice 110 kebanyak konsumen.

Ya…mungkin karena faktor mindset konsumen yang menganalogikan bahwa motor ayam jago CBU Thailand haruslah mempunyai performa rata-rata yang power full, tapi pada kenyataannya hal itu tidak didapat pada motor ini.
Sehingga selang 4 tahun setelah diterbitkan, pada tahun 2004an, motor ini sudah tidak diedarkan lagi oleh para pihak importir umum.

Demikian dari saya,

Salam.

***********************************************

Tamat.