Peugeot Bhama 50…salah satu pioner motor hybrid di Indonesia

Posted on 31 August 2010

73


Ada lagi nihhh cerita tentang sesepuh motor matik di Indonesia, kalau beberapa waktu kemarin saya bikin artikel tentang motor dari negeri Italian yaitu Vespa Corsa 125, kali ini saya buatkan artikel motor dari negeri Perancis yaitu Peugeot Bhama 50.


Pada kemunculannya pertama kali pada tahun 1982 yang diimport langsung dari negeri Ayam Jago, oleh anak perusahaan Astra Group, ternyata mendapat tanggapan yang lumayan dari masyarakat mapan perkotaan.


Dengan design yang kompak, mengusung sistem sepeda motor hybrid, yaitu mempunyai dua tenaga sebagai penggeraknya, selain bisa dikendarai seperti motor berbahan bakar minyak kebanyakan, motor ini juga bisa dikayuh layaknya sepeda pancal. Dibekali mesin mini berkapasitas 50cc 2 tak dengan pendingin udara serta menganut sistem transmisi otomatis, membuat Peugeot Bhama mampu dipacu secara maksimal dengan kecepatan 45 kph kondisi standar pabrik. Untuk menghentikan laju roda motor berdiameter 17″/225 depan dan 17″/250 belakang, hanya cukup mengandalkan rem tromol saja.

Dalam rentan masa edar pada antara tahun 1982 sampai dengan tahun 1986, Peugeot Bhama 50 menelurkan 3 macam model yang digelontorkan kepasar nasional. Mungkin karena kalah dalam persaingan penjualan dengan motor-motor terbitan ATPM lokal, yang memiliki model dan spesifikasi lebih, maka pada tahun 1986 akhir motor ini diberhentikan pendistribusiannya.
Dan sampai sekarangpun, motor ini masih menjadi incaran para kolektor motor-motor antik dengan harga jual yang melambung tinggi melebihi pada masa keemasannya.


Demikian dari saya,

Salam.

Gambar diambil dari sini, sini dan sini.