Yamaha Passol II 50…tidak salah jika memang “Otomatis Duluan” disini

Posted on 8 September 2010

22


Tak salah memang jika Yamaha Indonesia mengklaim tag line motor matiknya dengan slogan “Otomatis Duluan”. Lho koq bisa???…Ya bisa donk. Terus gimana ceritanya, koq bisa gitu??? Begini ceritanya…

Kemarin sebelum berangkat ke acara buka bersama dengan seleblogger ngetop ibu kota di Jogja, iseng-iseng saya mampir untuk beli pulsa telepon, lha ndilalah secara tidak sengaja, saya melihat sebuah matik unik berbentuk compact sedang ngejogrok disebuah kios/ counter HP diseputaran Jl. Slamet Riyadi, Gumpang, Kartasura.

Berhubung dilihat dari segi bentuk hampir sama dengan motor listrik model sekarang, saya hampir saja tidak ambil peduli untuk mengabadikannya lewat foto ha-pe. Tapi setelah dilihat secara seksama koq ada yang aneh yakkk…dari blok mesin disebalah kiri ada tulisan Yamaha dan pada body sebelah kanan tertempel stiker bertuliskan Passol II 50…welehhhh…ini pasti skuter matik antik dari Jepun nihhh, pikir saya.



Tidak lama kemudian, saya tanya ke si mbak penjaga counter ha-pe tentang spesifikasi dan bagaimana bisa koq nyampe sini, kata dari si mbaknya, motor tersebut punya sang juragan counter dan dia merasa kurang tahu akan asal-usulnya. Karena si mbak yang jaga counter lumayan wokeiii untuk dikecengen, sekalian aja iseng nanya lagi, “lha dimana juragan sampean??? saya mo tanya-tanya tentang motor ini”. Sambil melayani konsumen yang baru saja datang, si mbak menjawab bahwa sang juragan baru pergi keluar dengan suaminya.

Oooo…yo wis kalo gitu….

Tapi tidak sampai disini saya menyerah akan rasa penasaran tentang Yamaha Passol II 50 tersebut, iseng-iseng tadi pas istirahat siang, saya coba googling tentang motor ini.

Disalah satu website disebutkan bahwa, Passol II 50 adalah salah satu skuter matik produk Yamaha Jepang pada tahun 1977 dan dieksport keluar negeri pada awal tahun 1980’an. Kalau begitu bisa diambil kesimpulan, motor ini masuk ke Indonesia pada rentan tahun 80’an tapi tidak tahu kapan tepatnya. Sayang seribu sayang, setelah sekian lama ngubek-ngubek mbah google, saya tidak menemukan satupun artikel atau berita tentang sejarah bagaimana motor ini bisa masuk ke Indonesia. Yang jelas jika dilihat dari stiker cara penggunaan dan pengoperasian ni motor yang tertempel dibody kendaraan, masih menggunakan huruf kanji semua, bisa dipastikan kalau motor ini benar-benar built-up dari Jepang sana.

Berikut saya berikan spesifikasi dari motor ini.

Mesin menyandang kapasitas 49cc berpendingin udara, 2 langkah, Bore x Stroke 40.0 x 39.7, Maksimum power 2.3ps pada 5000rpm, Karburator VM125C, Kick stater, Bertransmisi otomatis, Kapasitas bahan bakar 2.3Lt, Menggunakan roda dengan lingkar diameter 10″-2.50 depan belakang, Berpenghenti laju tromol depan belakang, Berat total motor 45kg…dan motor ini sanggup digeber hanya sampai batas maksimal 30Kph lhooo…hebatnya lagi, walaupun menggunakan mesin 2 tak, konsumsi BBMnya tergolong irit, yaitu 1Lt bisa sampai 75Km…wowwww

Lumayan bukan, jika hanya untuk keliling diseputaran komplek rumah atau belanja makanan diwarung sebelah.😀

Demikian dari saya,

Salam.