Honda CS1 125, hasil salah translasi dari pabrikan ke konsumen

Posted on 9 September 2010

23


Kalo ditanya soal bebek tengil nyang ideal ituh seperti apa, kira-kira apa nyang terlintas dipikiran situh? monoshock, double disk brake, mesin tegak 125cc kalo isa lebih, liquid cooler, cast wheel, design sporty, lincah, irit, dan tentunya gesit. Bener?

Emang keinginan orang Endonesa soal kuda besi itu aneh, macam orang pertama kali kawin, banyak maunya, minta gaya ini itu-ini itu, wis pokoknya permintaan selangit, tapi soal urusan doku, jelas harus merakyat, murah! Aneh kan? Lha terus kira-kira ada ndak ya pabrikan roda dua nyang sudi ngakomodir rewelnya keinginan konsumen?

Ternyata ada lho, trus-trus gimana critanya?!

Gini. Menurut pemikiran saya nyang bukan Blogger Otomotif tulen macam Blogger-blogger kondang ibu kota ituh, AHM sebage salah satu produsen kuda besi terbesar se Endonesa, bahkan dunia, nyatanya berani njawab tuntutan konsumen. Aje gile ajah tuh pabrik!

Honda CS1 125cc. Bebek dengan fitur diatas rata-rata bebek nyang ada saat ini. Hadir dengan gagahnya buat nyumpel keinginan konsumen. Dibekali basis mesin Sonic 125cc asli Thailand, bentar, sebelum tak lanjutin, situh tau kan kalo Sonic 125 itu udah terkenal bandel, irit, dan powerfull, dinegaranya sanah? jadi kalo cuman diajak nekuk jalanan Endonesa, sayah rasa itu bukan perkara sulit. Enteng lah!

Tapi eh kenapa, setelah berjalannya waktu kok pangsa pasar bebek ini tergolong sempit. Reaksi konsumen pun berasa frigid, keinginan muluk-muluk jidat bebek lovers nyang sedianya terakomodir dan terealisasi, nyatanya? ah, saya ndak berani nyebutin angka penjualan, lha wong bukan ahlinya je. Terus nyang jadi pertanyaan, kira-kira apa ada nyang salah dengan bebek tengil ini?

Banyak bacot nyang mangap, harganya ndak merakyat untuk ukuran bebek 125cc, tapi menurut sayah, harga segitu udah sebanding dengan fitur yang diberikan. Selaen harga ndak merakyat, ada juga nyang nyablak modelnya aneh bak unta gurun. Macam mana pula nih?! bukane ini hasil akhir dari akomodir banyak jidat situh? kurang apa lagi cobak? mo nyari model unik, ni motor udah masuk daftar, sporty juga bisa dibilang masuk daftar, hi-tech apa lagi, komplet dah, semua udah sesuai dengan keinginan bebek lovers bukan?

Perlu situh ketahuin juga, Honda CS1 ni murni hasil research dari team R&D Honda Endonesa alias AHM, dan bukan hasil copas ato comot bentuk sana-sini produk motor negeri tetangga, khususnya negara nyang dijadiin kiblat dunia perbebek, Thailand.

Akhirnya. Disini bisa diambil kesimpulan, Honda CS1 adalah bukti kepedulian ATPM Honda Endonesa buat nyoba ngiyain keinginan konsumen nyang rewelnya minta ampun. Tapi perlu digaris bawahin jugak. Ternyata hasil akhir dari pabrikan tersebut luput, ndak sesuai dengan mindset banyak orang, akhirnya dari kasus ini bisa dijabarin, Honda CS1 merupakan hasil salah translasi dari konsumen ke produsen dalam dunia penjualan motor tanah aer.

Sekian dari saya,

Salam.

Posted in: Analisa