Honda Benly 110…Un-engineering Classic Scrambler

Posted on 18 September 2010

18


Basic dari motor ini adalah Honda Benley 110 lansiran tahun 1974, tapi oleh empunya telah dimodif total menjadi Classic Scrambler. Tidak tanggung-tanggung olah modif yang dilakukan di Bengkel modif roda dua dan spesialis las listrik Yatin didaerah Prawit, Nusukan, Solo ini. Potong rangka dan sasis pada motor ini yang sejatinya menggunakan tipe monocoq langsung dilakukan, hasil akhirnya hanya meninggalkan engine mounting untuk dudukan mesin saja, selebihnya body baru dibentuk memanfaatkan pipa besi ukuran 1/4 dengan tebal sekitar 4 milimeter.

Ada yang luar biasa dalam proses olah modifikasi pada bagian body sepeda motor bertampang classic ini. Kalau biasanya para modifikator kebanyakan menggunakan bantuan jig untuk memperoleh titik center sasis dan rigidibilitas rangka, maka oleh sang modifikator disini, hal tersebut dibuang jauh-jauh. Hanya bermodalkan pengalaman dalam membuat sasis rangka untuk motor chopper, feeling, mata telanjang dan bantuan dari tali senar sebagai patokan mencari titik center. Maka jadilah motor tersebut seperti keinginan sang empu yakni mengambil aliran Scandinavian Classic Scrambler Chop😀.

Walaupun proses modifikasi menggunakan sistem Un-engineering, tapi hasil akhir untuk stabilitas motor ini bisa diandalkan dengan terbukti diajak touring Solo – Malang pulang pergi tetep saja enak dikendarai tanpa ada sedikit masalah yang berarti dijalan.

Tapi aneh memang aneh, setelah menghabiskan dana sekitar 3 juta lebih untuk membangun motor dari nol sampai seperti itu…eeee…lha koq tiba-tiba kemarin yang punya malah minta bantuan untuk nitip jual seharga 2.5 juta rupiah net dengan kondisi apa adanya seperti yang terlihat sekarang ini (surat-surat komplit), terus alasan yang beliau sampaikan ke saya adalah sudah bosan dan ingin membangun motor chopper lain lagi berbasis Honda CB. Jadi jika para om-om ada yang berkenan dengan motor ini bisa sms saya di no 081329323776. (MAAF MOTOR SUDAH LAKU :-))

Demikian dari saya,

Salam.

Perkenalkan editor saya yang baru namanya Cik Lina😀

Posted in: Modifikasi Motor