Sedikit cerita tentang aliran modif Jap’s Style

Posted on 11 October 2010

30


Dengan model tangki mengecil, setang semi hanger, ban gendut, jok tipis single seater, rangka belakang terpangkas, lampu depan-belakang mungil, minim sepatbor, memunculkan kesan minimalis nan eksotis. Itulah sedikit pakem dari gaya modifikasi aliran Jap’s Style. Aliran Jap’s Style apaan tuh om adakah hubungannya dengan JAV??? Hei…hei…hei…mulai ngelantur deh…Okeiii mari kita sedikit kupas tentang aliran modif sepeda motor yang saat ini lagi ngetrend dinegera kita.


Japs Style adalah aliran modif yang berasal dari negeri Sakura sana yang sesuai dengan namanya Japs kependekan Japannese, aliran modif ini sudah lebih dulu eksis disana dimulai pada pertengahan tahun 80’an. Semula kebanyakan builder modif sepeda motor disana tidak menganggap atau menamakan hasil karya modifnya dengan nama Japs Style, hal itu dikarenakan belum adanya paham/ acuan pasti soal modifikasi motor. Baru pada awal tahun 90’an berdirilah sebuah bengkel khusus modif yang bernama Brat diJepang sana, dimana bengkel ini mengkhususkan mempermak sepeda motor yang ada waktu itu mengikut style atau model motor yang pernah terbit dari negeri Paman Sam atau Eropa sana semisal motor dengan model-model Flat Tracker, Scrambler, Cafe Racer, dan Speed Chopper. Berhubung masyarakat Japang menganut kebanggaan berbudaya dan menjunjung tinggi harga diri, mereka khususnya para owner rumah modifikasi Brat tidak mau kalau hasil modifnya disebut jiplakan, maka muncullah istilah Brat Style yang berarti hasil modifikasi dari bengkel Brat.

Dengan mengusung genre baru dikancah modifikasi sepeda motor dinegera Jepang, maka tidak sedikit rumah modifikasi atau bengkel modifikasi dinegeri Matahari Terbit tersebut mengikut pakem aliran baru Brat Style. Karena rasa seni yang tinggi dan imajinasi modif tanpa batas maka terjadilah proses akulturasi aliran modif Brat yang kebanyakan mengambil pakem negeri Amerika dan Eropa dengan hasil modif dari modifikator negeri Jepang sendiri, bisa diartikan juga arah modifikasi motor disana waktu itu sudah bercampur aduk dari aliran Bobber, Caffe Racer, Choppy Cub, Speedway, Speed Chopper dan Sport Bikes yang sudah di mix oleh para modifikator diluar bengkel Brat menjadi hasil modif yang mempunyai ciri khas tersendiri dari aliran-aliran motor yang sudah ada.


Karena kebanyakan modifikator dinegeri kita berkiblat pada modifkator dari Amerika, Eropa dan Jepang. Maka tercetuslah ungkapan hasil modif yang mempunyai ciri seperti yang telah ditulis diawal paragrap menjadi Japs Style atau aliran modif dengan ciri khas seperti hasil modif builder-builder asal Jepang.
Awal mula embrio Japs Style ini tumbuh dikota Bandung yang kemudian sekarang mulai berkembang dipelosok negeri ini,
Adapun dari aliran modif Japs Style ini terbagi menjadi beberapa sub-aliran yaitu…

Cafe Racer.


Choppy Cub.


Street Tracker.


Speed Chopper.


Street Bobber.

Kebanyakan bahan modif yang dipakai builder lokal untuk merealisasikan aliran ini adalah motor-motor keluaran pabrikan Jepang, semacam: CB/ CG, GL Series, Kawak Binter, Scorpio, Thunder dan semua motor batangan yang mempunyai tulang sasis dari roll besi. Tapi tidak menutup kemungkinan motor cub alias bebek seperti C70/80, Astrea 800 hingga Astrea Grand pun bisa di chop mengikuti aliran Japs Style tersebut.
Nahhhh…Itulah sedikit cerita tentang aliran modif Japs Style yang saat tengah marak diberbagai rumah modifikasi tanah air.

Demikian dari saya,

Salam.

Kalau anda pecinta Japs Style berarti harus jadi pecinta JAV star😀

Posted in: Modifikasi Motor