Apa itu Chopper ???

Posted on 18 October 2010

15


Kalau minggu kemarin saya sudah menulis tentang asal muasal modif Japs Style, kali ini saya akan mencoba sedikit membagi pengetahuan tentang apa itu Chopper. Istilah chopper pertama kali bergaung dan ngetrend pada saat akhir tahun 1960an dibelahan bumi Yankee (Amerika) sana akibat demam film Easy Riders (kapan-kapan akan saya ulas film ini) yang mengekpose dua motor Harley Davidson type Pan Head (Captain American dan Billy Bike) yang dimodif Chopper. Tapi sebenarnya jauh sebelum film itu beredar lebih tepatnya pasca setelah Perang Dunia ke 2 berakhir, para mantan pilot penerbang pesawat tempur US Air Force yang gemar mengangkangi motor-motor ber cc besar asli buatan negeri Paman Sam yaitu Harley Davidson suka melakukan kegiatan gokil mengobrak-abrik tunggangan mereka dari kondisi standar menjadi “ekstrim” diluar kondisi asli bawaan pabrik.
Maksud dari “ekstrim” disini adalah melakukan berbagai ubahan dari penggantian design tangki, spatbor, jok, bahkan yang paling radikal adalah melakukan potong rangka sasis disana-sini, desain ulang sudut rake motor secara terstruktur menjadi sebuah bentuk yang berbeda dari yang lain. Kegiatan yang mereka lakukan ini dikarenakan kurang begitu puas dengan hasil tongkrongan tunggangan mereka selama dalam kondisi standar pabrik. Maka istilah potong rangka sasis inilah yang dalam bahasa Inggris menggunakan kata “Chop” menjadi terkenal dikalangan builder motor Harley Davidson menjadi “Chopper”. Istilah Chopper ini pertamakali disebar luaskan oleh gerombolan sepeda motor beraliran “out law” bernama Hell Angels yang suka meng’custom tunggangannya masing-masing seperti yang saya sebut diatas (chopper). Hell Angels sendiri awal mulanya juga adalah sekelompok pemuda mantan penerbang US Air Force pada masa Perang Dunia II yang sudah tidak aktif lagi dikegiatan militer waktu itu (deserse) dan gemar melakukan utak-atik serta rolling thunder dengan menggunakan motor-motor Harley Davidson.

Ciri khas dari motor-motor Chopper secara umum mempunyai keunikan tersendiri yaitu mempunyai sudut kemudi yang agak menjulur kedepan, design tangki minimalis, penggunaan roda belakang lebih gendut dibanding depan, suspensi belakang rigid, jok bertema egois “single seater”, dan design rangka belakang merapat. Pada saat ini istilah Chopper sudah mewabah kebelahan bumi manapun dan sudah tidak hanya menjadi modif kebangga builder Amerika saja, seperti contoh di negara-negara Eropa, modifikasi Chopper juga mewabah disana dengan mempunyai ciri khas tersendiri yang dinamakan “Scandinavian Chopper”. Para builder penganut Scandinavian Chopper tidak hanya memfokuskan ubahan modif pada motor bermerk Harley Davison saja, tapi motor-motor jadoel dari negeri Eropa sana tidak haram untuk dimodif semisal BSA dari Inggris, BMW dari Jerman, dan masih banyak lagi motor Eropa lainnya. Pada modif ini mempunyai ciri yaitu model rangka belakang tidak rigid alias mempunyai lengan ayun dengan model springer khas seperti produk motor klasik negeri skandinavia. Beda dengan negara-negara di Eropa, di Jepang, juga sudah mewabah modif beraliran Chopper dengan trend nama “Jap’s Chopper”. Sama seperti builder Eropa, para builder yang menganut aliran modif Jap’s Chopper juga tidak mengkhususkan diri mempermak motor Harley Davidson saja tapi juga motor-motor lawas berkubikasi besar produk dalam negeri, seperti misalnya Yamaha S650 ataupun Honda CB Silver Hawk 500. Untuk Jap’s Chopper sendiri mempunyai ciri unik dibanding dengan negara-negara barat sana, dengan design rangka belakang tidak rigid tapi mengaplikasikan swing arm dan mempunyai sudut rake yang pendek merapat layaknya motor-motor cruiser khas Jepang.

Jap’s Chopper

Scandinavian Chopper

Luar biasaaa!!!…bisa dikatakan seperti itu, modif Chopper yang awal mulanya hanya merupakan kegiatan gokil para mantan penerbang dari Amerika, kini sudah banyak berkembang dan mengalami metamorfosis keberbagai penjuru belahan dunia, bahkan di Indonesia sendiri juga mempunyai modifikator-modifikator handal yang mengkhususkan diri menangani motor Harley Davidson beraliran Chopper dengan ciri khasnya masing-masing…, misal: Veroland (Kick’Ass Chopper), Bingky (Bikers Station) dan banyak lagi yang lainnya. Bagaimana menurut sampean akan keindahan hasil bentuk modif motor-motor Chopper ini?

Demikian dari saya,

Salam.

Ladies Chopper…arrrggghhhhh!!!!

Posted in: Modifikasi Motor