Stone (1974)…bukti keliaran genk motor diatas Kawasaki Z1 900

Posted on 29 October 2010

6


Stone adalah film yang bertemakan Cop Undercover dan sedikit dibumbui adegan liar oleh Bikers And The Genks. Film ini adalah keluaran dari benua kanguru, Australia sana, tahun 1974. Hmmm, lagi-lagi film jebot, but it’s ok kok. Film yang dikategorikan kedalam kelas Grindhouse dan beraliran Cult Classics memang banyak beredar dikisaran tahun 70’an. Dengan mengandalkan unsur stupid action, nudities, sex dan gore violance adalah cita rasa dalam mengekspresikan kepuasan tersendiri bagi para pecintanya. Hal tersebut juga berlaku bagi saya untuk menikmati tontonan macam ini.

Film yang diperankan oleh aktor kawakan kelas B asal Australia, Ken Shorter, membawa kita sebagai generasi milenium yang menonton dibuai oleh keliaran para kaum hard bikers pada era 70’an.


Cerita bermula dari terbunuhnya seorang anggota genk motor Gravediggers, yang mengakibatkan memanasnya suasana antar genk dwilayah Australia sana. Sikap saling curiga antara kolompok  satu dengan yang lain sudah tidak bisa dihindarkan. Tak ayal dalam kondisi seperti itu, perang antar genk adalah sesuatu hal yang siap meletus.

Guna meredam kekacauan dan mencari pangkal permasalahan, pihak kepolisian sebagai fungsi kontrol keamanan mengambil tindakan penyusupan seorang reserse kedalam kelompok Gravediggers. Stone (Ken Shorter) adalah polisi yang bertugas melakukan penyamaran. Suka duka, persaingan dan pengkhianatan dalam kelompok mulai terkuak sedikit demi sedikit olehnya. Tapi malang disaat hasil penyelidikan hampir membuahkan hasil, penyamarannya terbongkar.

Akhir cerita. Apakah Stone nantinya bisa menyibak siapa otak dibalik sumber permasalahan memanasnya iklim antar anggota genk motor tersebut? Apakah dia juga berhasil menyelamatkan diri misinya tersebut setelah penyamarannya terbongkar? Yeah. Disini saya tidak mau spoiler. Kalo situh pengin tahu jawabannya, silahkan browsing, download dan nikmati film ini.

Masih sama seperti hasil review difilm Easy Riders, dalam urusan teknis, lupakan soal spesial effect, lupakan soal action yang menggelegar, dan juga lupakan soal story line. Karena kalo mo dicatat, dari film ini sendiri terlalu banyak plot hole khas film era tahun 70’an.

Mari kita lupakan urusan teknis sejenak.

Dan difilm ini, kita harus mengakui keliaran sepeda motor Kawasaki Z1 900 yang dipakai oleh anggota genk Gravediggers dan Norton Commando yang dipakai oleh Stone. Kawasaki Z1 yang mengandalkan mesin 900cc DOHC 4 langkah, melawan Norton Commando 850 yang dipersenjatai dengan mesin 828cc 4 langkah twin silinder, memberikan euforia tersendiri sewaktu melihatnya adu kebut dibeberapa frame pertengahan film. Kurang lebih 5 menitan kita disuguhkan adu cepat dan kelihaian stunt riders dalam menekuk stang kuda besi bermesin bongsor tersebut. Bagi situh fans base movie bikers, pasti mata kalian akan orgasme dibuatnya, apa pasal? melihat adegan demi adegan, motor-motor canggih dimasanya saling meraung-raung unjuk kehebatan adalah kenikmatan tersendiri.


Last my virdict.

Stone (1974) film yang nothing to lose untuk ditonton, dan saran saya sebelum menikmati film ini, persiapkan mata dan pikiran anda karena dibeberapa adegan akan terselip unsur sex, nudities, booze dan violance tanpa adanya sedikit sensor dari badan sensor film waktu itu (maklum film Grindhouse). Dan juga, sewaktu menonton film ini jangan ajak anak dibawah umur, karena apa? Yeah, itu tadi, unsur-unsur yang seharusnya tidak dipertontokan dimuka publik, banyak diumbar disini.

Demikian dari saya,

Salam.

Salah satu adegan 17+ di film ini🙂

Posted in: Resensi Film