Sejuknya taman Balaikambang Solo

Posted on 30 October 2010

22


Semilir angin yang menerpa wajah, sejuknya udara yang terbang tertiup angin, rimbunnya pepohonan tua yang semakin menambah kedamaian pengunjung, membuat taman ini menjadi arena favorit bagi keluarga ato orang-orang yang ingin melepas sejenak beban hidup. Taman Balaikambang, sebuah taman kota yang sudah beberapa kali mengalami peremajaan, adalah areal khusus yang diciptakan pemerintah kota Surakarta sejak 80 tahun silam. Taman yang ditujukan bagi seluruh warganya untuk memperoleh rileksasi diri. Taman yang terletak disebelah utara Stadion Manahan ini banyak dikunjungi oleh warga lokal bahkan mungkin luar daerah. Karena letaknya yang cukup stategis, membuat warga yang akan datang berkunjung mudah mencarinya.


Ketika pertama kali masuk dari pintu gerbang kita hanya perlu menyiapkan uang Rp.1000 pada hari biasa dan Rp. 2000 pada hari libur, untuk jasa penitipan motor (kalau bawa mobil saya kurang tahu). Dengan difasilitasi arena kesenian berupa gedung wayang orang ato semacam mini open hall untuk pementasan musik serta drama, membuat tempat ini menjadi ajang favorit berkesenian para seniman lokal daerah. Tidak itu saja, luasnya area taman Balaikambang kerap menjadi sarana outbound bagi pihak-pihak berkepentingan. Bagi masyarakat luas pun juga tidak ketinggalan, dari golongan atas sampai bawah pasti akan berbondong-bondong buat singgah kesini untuk berileksasi. Taman dengan ciri khas patung Kartini yang terletak ditengah kolam buatan serta ditengah area taman, dan tidak lupa, beberapa ekor rusa jinak yang dibiarkan merumput disini kian menambah kesan natural ditaman ini.

Dan dari saya pribadipun, sebagai warga Solo, sangat merekomendasikan bagi sodara-sodara yang berdomisili diseputaran Surakarta atau sekitarnya, jika ingin refreshing bersama keluarga ato orang terkasih, tidak ada salahnya berkunjung kesini. Selain hemat ongkos, siapa tahu suasana hati yang tadinya bad mood bisa kembali segar.

Demikian dari saya,

Salam.

******************************

Bonus galleri.

 

Posted in: Journal