Sepeda motor dalam film Action (1)

Posted on 19 November 2010

10


Well…bagi sampean, para moviegoers yang mencintai film action dengan menghiraukan unsur cerita maupun akting para pemainnya, unsur kejar-kejaran yang melibatkan mobil atau motor pasti menjadi bumbu penyedap special yang harus ada. Motor terlempar kesana-sini, mobil terpelanting sampai jungkir balik adalah pemandangan dahsyat bagi organ mata kita untuk menikmati sajian tersebut. Dan yang seperti kita tahu, industri perfilman Hollywood sangatlah pandai meracik film slang bang action dengan melibatkan berbagai stunt car atau motorcycle untuk dihancurkan guna memenuhi selera pasar akan film yang mampu memacu adrenaline pemirsanya untuk naik.

Okeiii…berhubung saat ini saya ingin mengulas dari sisi motor yang dijadikan properti dalam sebuah produksi film action, maka akan saya list beberapa judul film tersebut yang sudah saya tonton.

7.  I Robot.


Dalam film yang dibintangi oleh aktor kulit hitam Will Smith, kita akan disuguhkan tentang aksi seorang polisi bernama Spooner (Will Smith) yang melakukan investigasi saat terjadi pembunuhan seorang karyawan perusahaan pembuat Robot. Disini diceritakan dimasa mendatang, dunia sudah dipenuhi oleh berbagai robot yang menyerupai manusia (cyborg), dimana dia bisa membantu segala macam kebutuhan hidup para manusia itu sendiri. Tapi ternyata keberadaan robot-robot tersebut menyimpan suatu bencana yang kemudian hari akan melakukan aksi penyerangan kembali kepada kelompok manusia. Akankah investigasi Spooner ada kaitannya dengan cikal bakal kerusuhan yang mengakibatkan para robot pembantu manusia tersebut menyerang balik para majikannya? yeahhh temukan sendiri jawabanya difilm ini. Dibeberapa scene, menjelang paruh akhir film, kita akan menyaksikan aksi Spooner dalam menekuk setang motor MV Agusta Spider (2004).


6.  Mission Imposible 2


Film yang dibintangi oleh Tom Cruise (Ethan Hawke) dan disutradarai oleh John Woo ini merupakan seri ke 2 dari trilogi yang sudah pernah beredar dilayar lebar. Film yang menceritakan tentang konspirasi untuk memperebutkan bakal virus ‘chymera’ antara mafia penjual gelap dengan agen pemerintah ini menghadirkan intrik serta aksi spionase yang seru, banyak twist ditiap scenenya, tapi ya…itu tadi, berhubung ini adalah film action maka twist yang disodorkanpun kerap kali kedodoran. Tapi forgeted tentang semua itu, selebihnya nikmati saja adegan demi adegan seru yang mengajak adrenaline kita turun naik dibuatnya. Momen special difilm ini menurut saya adalah diparuh akhir, karena disitu kita akan disuguhkan adegan stunt rider vs stunt driver menggunakan motor Triump Speed Triple versi naked (1999) dan Triump Daytona 955i (1999) versi fairing.

5.  Nowhere To Run.


Film yang dibintangi Jean Claude Van Damme dimasa jayanya dulu. Siapa yang tidak kenal dengan aktor berjuluk Muscle From Brussel ini? banyak film action terutama yang dibumbui adegan martial arts yang dibintanginya. Difilm ini sendiri Van Damme melakoni peran sebagai seorang buronan bernama Sam yang menyamar sebagai warga lokal disuatu desa. Tapi karena suatu hal kedoknya terbongkar, maka terjadilah kejar-kejaran antara dia dengan pihak kepolisian. Masih sama seperti kebiasaan film action kebanyakan, adegan seru kejar-kejaran motor versus mobil terjadi paruh akhir film. Disini kita juga disuguhi aksi seru stunt rider menekuk setang motor Triump Bonaville 650cc (1969) dalam melewati kejaran mobil-mobil polisi.

4.  Tommorow Never Dies.


Salah satu franchise dari film-film James Bond yang waktu itu diperani oleh Pierre Brosnan dan satu-satunya Bond Girls dari Asia sepanjang sejarah film Bond dibuat yakni Michelle Yeoh. Tommorow Never Dies bercerita tentang aksi seorang agent spionase dari Inggris yang berusaha membatalkan ancaman perang nuklir antara Inggris dangan China yang diotaki oleh gembong pemilik stasiun jaringan televisi bernama Carver. Dalam beberapa scene difilm ini kita bakal disuguhi aksi Bond dalam mengendarai BMW R1200C (1997) yang sebenarnya diperankan oleh aktor spesialis stunt rider asal Prancis, Jean-Pierre Goy yang juga memerankan stunt Batman dalam mengendarai Batpod di The Dark Knight.

3.  Knight And Day.


Lagi-lagi Tom Cruise beraksi dengan menggunakan sepeda motor. Kali ini kita akan menyaksikan aksi dia menghindari kejaran musuh dalam beberapa scene dengan mengendarai Ducati Hypermotard (Ducati apa Aprilia ya?) bersama Cameron Diaz. Film action yang dibumbui komedi situasi ini bercerita tentang seorang wanita bernama June yang berada ditempat, waktu dan situasi yang salah bersama teman kencannya Roy. Tanpa disadari ternyata teman kencan June ini adalah seorang agen yang sedang dalam masalah, karena dia harus menyelematkan sumber energi alternatif hasil temuan ilmuwan dari pihak jahat.

2.  Matrix 2: Reloaded.


Seri kedua dari trilogi The Matrix yang dilakoni oleh Keanu Reeves (Neo), film yang secara garis besar menceritakan tentang perseteruan dua kubu antara mesin dan manusia yang terjadi didunia Matrix, mampu menghipnotis kita dengan keindahan berbagai adegan yang ada. Pamakaian efek CGI difilm ini digarap secara maksimal, efek slow time bullet pada saat sedang “berbang-bang ria” mempu menjadi trend tersendiri diindustri perfilman yang ada sekarang khusunya action movies. Difilm seri kedua ini, pada paruh tengah film kita akan disuguhi aksi seru dari Trinity (Carrie Ann Moss) yang merupakan rekan Neo dalam menghajar pasukan agent Smith ditengah jalan bebas hambatan. Aksi stunt rider dalam berliuk-liuk ditengah keramaian jalan menggunakan motor Ducati 996 (2002), serta beradegan bag-big-bug dengan disertai muntahan peluru, membawa decak kagum pemirsanya untuk memelototin film ini.


1. Terminator 2: Judgment Day.


Salah satu film genre Sci-Fi terbaik menurut versi saya yang disutradarai oleh James Camerron (Titanic & Avatar). Dengan dibintangi oleh aktor film action paling ngetop waktu itu Arnold Schwarzenegger dan jalan cerita yang sederhana tapi apik, membuat saya menobatkan film ini sebagai the best action movie with motorcycle supporting. Film yang bercerita tentang Terminator seri T1000, dimana dia dikirim dari tahun 2029 oleh Skynet ke tahun 1992 untuk membunuh John dan Sarah Connor yang dianggap sebagai pemimpin serta otak pemberontakan dimasa mendatang. Namun usaha pembunuhan tersebut tidak berjalan mulus seperti misi yang diharapkan karena dari pihak pemberontak sendiri juga mengirimkan Terminator seri T800 untuk melindungi kedua orang tersebut. Disini kita bisa menyaksikan diparuh awal film, sang Terminator T800 menunggangi Harley Davidson Fat Boy (1992) guna menyelematkan John Connor dari kejaran T1000 yang sedang membawa truk. Dan menurut saya itulah adegan yang paling bad’ass difilm ini.


Last…itulah beberapa film action yang menurut saya mempunyai moment terbaik dalam menampilkan sepeda motor sebagai properti pendukung. Lupakan unsur logika, jauhkan perkataan “lho koq tiba-tiba bisa begitu?” atau “lho koq tiba-tiba bisa begini?”, karena disini kita hanya akan disuguhi aksi seru dalam menekuk setang serta meliukan kendaraan ditengah jalanan yang penuh rintangan plus unsur bang-bang oleh sipahlawan jagoan. Bagaimana menurut sampean??? apakah juga punya film action favorit yang menggunakan sepeda motor sebagai pendukung aksi seru ditiap adegannya??? silahkan disharing.

Demikian dari saya,

Salam.

Bonus poster blue film “Batman xXx”😀

Posted in: Resensi Film