Blogger tuh harus idealis dan anti plagiant

Posted on 30 December 2010

24


Kemarin sore, selepas pulang dari nguli dipabrik. Seperti biasa bapak-bapak usia muda yang ngga kalah dengan istri-istrinya kalau lagi ngrumpi. Saya dengan 2 orang tetangga satu komplek ngobrol ngelantur tentang banyak hal. Dari mulai film, motor, game, dan tentunya ‘penampakan-penampakan bening’ yang kerap kita temui disaat sedang mengantar istri belanja atau jalan-jalan ke mall๐Ÿ˜€. Disela-sela obrolan tersebut, kebetulan tetangga saya satu ini, panggil saja Joko namanya, adalah fans berat Blog Biroe yang diasuh oleh Dnugros, walaupun dia tidak pernah kasih komen tapi selalu rajin membaca artikel-artikel tidak penting di warung ini. Saat itu terlontar pertanyaan dari Joko ke saya yang kira-kira begini bunyinya,”Kenapa sich brur tidak pernah buat artikel tentang berita atau gosip-gosip hangat tentang motor-motor yang saat ini tengah atau akan brojol kepasaran?”. Merupakan pertanyaan yang menarik bukan bagi seorang blogger yang ceritanya suka nulis artikel tentang dunia permotoran?

Bagi saya pribadi, tulisan-tulisan dalam blog adalah ide gagasan idealisme si author. Kita menulis bukan berdasarkan keinginan pembaca, tapi kita menulis untuk kesenangan pribadi, yang mungkin kesenangan tersebut juga turut disukai oleh beberapa pembaca. Ngga mungkin donk kita menulis as request by pembaca, yang jelas-jelas tidak sesuai dengan style penulisan dari isi blog yang kita kelola tersebut. Gila apa, jika kita memaksakan diri menulis demi kesenangan pihak lain, apa lagi pihak yang berkompeten akan sesuatu dari isi blog tersebut. Nahhhh…kalau kita dikasih imbalan oleh pihak yang berkepentingan sich wokei-wokei saja, tapi kalau cuman sebatas ucapan terima kasih…..Prettttttttt!!!!!!!!!!!!!!! (mata duitan mode on)๐Ÿ˜€. Lagian nich yaaa, kalau anda sering klik agregator Indomotoblog atau Koboys, hampir 70 persen masing-masing author Blognya membahas motor baru, nahhh…kalau saya ikutan nyemplung ngegosipin motor-motor baru tersebut, bisa-bisa dikatakan blogger latah donk bukan blogger biroe (jawaban paling jujur sedunia)๐Ÿ˜€.

Ada lagi pertanyaan dari tetangga saya yang kedua, panggil saja Budi namanya. Dia memang bukan tipe blogwalking yang suka baca-baca artikel tiap hari, cuman kadang jika lagi stress dengan kerjaan kantor, buka-buka blog adalah hiburannya, terutama blog yang berbau otomotif dan film. Budi bertanya, “Kamu tu koq ada aja artikel yang dibuat tiap harinya, terus dapat inspirasinya dari mana? lagian kalau aku lihat diagregator Indomotoblog ataupun Koboys, 60 persen authornya jarang ngedenin artikel lho”.

Wahhhh…sebenarnya jawabannya ini sudah terjawab disini. Tapi ya udahlah tak tambahin lagi.

Dalam menulis artikel itu bisa dilakukan kapan saja, soale bahan tulisan bisa datang tiap waktu. Mau lagi e’ek bisa timbul ide, mau lagi beranjak ngorok bisa timbul ide, lagi dijalan mo berangkat nguli bisa timbul ide, bahkan mau cari keringat malam-malam ma pasanganpun kadang bisa timbul ide lhooo๐Ÿ˜€. Dan yang terpenting sich, walaupun penikmat blog kita kebanyakan menyukai artikel yang berbau otomotif, seperti halnya sang author, jangan batasi diri untuk menulis hal-hal diluar dunia otomotif, seperti contohnya review film, kuliner, membuat cerita pendek, atau hal-hal lain yang memang digemari selain dunia yang telah kita geluti selama ini. Asalkan itu bisa menjadi bahan tulisan yang bagus buat penikmat blog kita, kenapa ngga kita tulis?. Dengan semakin banyaknya bahan artikel yang bermacam-macam temanya, akan semakin sering pula kita bisa menumpahkan isi otak ketulisan diblog pribadi. Dan tentu effectnya adalah, kita akan dikasih stempel 100% blogger aktif. Nah kalau sudah lulus menyandang gelar blogger aktif, atau bagi anda yang sedang berusaha menempuh gelar menjadi blogger aktif, hal yang perlu diingat adalah JANGAN pernah meniru style blogger lain dalam berkreasi didunia maya, walaupun itu sekedar tema dalam wordpress atau blogspot anda. Karena apa? jika anda telah meniru style blogger-blogger yang anda kagumi, bahkan mengimplementasikan gaya penulisan artikelnya, maka itu hanya akan mengkerdilkan kreatifitas anda dalam dunia perbloggeran dimata pembaca…apa ngga gengsi tuch dikira plagiator?๐Ÿ˜€

“Ingat ya para pembaca!!!!…gw bukan plagiator Honda CBR 150, tapi hanya meniru saja!!!!”

Demikian dari saya,

Salam.

Posted in: Petuah & Opini