Enter The Dragon (1973)

Posted on 31 December 2010

6


Bruce Lee…yups…seorang legend of martial art dari Hongkong yang sukses menembus pasar industri perfilman Hollywood lewat Enter The Dragon (1973) nya. Master of Jet Kune Do yang meninggal dalam usia muda diumur 32 tahun karena penyempitan pembuluh darah diotak akibat O.D pain killer semasa pembuatan film Game Of Death (1974).

Diantara film-filmnya yang semua telah saya tonton (The Big Boss/1971; Fist Of Fury/1972; The Way Of The Dragon/ 1972), hanya Enter The Dragon lah yang mempunyai nilai lebih tersendiri. Kenapa? karena difilm ini, kita akan disuguhi serentetan aktor kenamaan B-Movie waktu itu dari Amerika maupun Hongkong itu sendiri, sebut saja John Saxon, Jim Kelly, Bob Wahl, Bolo Yeung, Kien Shih dan tak ketinggalan sigendut jago Kung Fu Sammo Hung dan Yuen Pio yang hanya sekedar mampir jadi cameo di film ini. Selain itu teknik pengambilan gambar, koreografi pertarungan, dan variasi cerita dari film ini pun terasa lebih baik dari pada film-film Lee sebelumnya.

Enter The Dragon DVD Cover International.

Enter The Dragon menceritakan seorang master kung fu bernama Lee (Bruce Lee), datang kesebuah undangan turnamen beladiri rahasia yang diadakan oleh Mr. Han (Kien Shih). Kedatangan Lee ke acara tersebut memang tanpa sebab, selain ingin balas dendam atas kematian adiknya yang telah dibunuh O’harra (Bob Wahl) seorang tangan kanan Mr. Han, dan juga permintaan dari interpol yang mengendus modus rahasia perdagangan narkotik yang dibandari Mr. Han, dia juga datang dengan misi memperbaiki reputasi perguruan Shaolin yang telah dinodai oleh Mr. Han juga…walahhhh koq semua Mr. Han yachhh😀.

Diturnamen tersebut, Lee bertemu dengan Roper (John Saxon) seorang agen rahasia dari pemerintah Amerika yang menyelidiki bisnis terlarang Mr. Han. Selain Roper, Lee juga bertemu dengan Williams (Jim Kelly) seorang petarung yang datang ketempat tersebut demi mengejar uang. Lantas bagaimanakan akhir kisah Lee dalam menjalankan misinya tersebut? yahhhh tonton aja sendiri filmnya (disini saya lagi ngga mau ber spoiler ria)😀.

John Saxon & Jim Kelly.

Menurut pengamatan saya, Kung fu adalah jenis sinema bertemakan eksploitasi yang masuk keranah Grindhouse. Dan sebagai biang dari Kung fu itu sendiri saya sebut Bruce Lee sebagai maestronya. Karena berkat dia, seluruh dunia gempar dibuatnya dengan adegan-adegan fighting yang indah, tidak hanya asal adu jotos gaya bebas layaknya film-film koboi western, tetapi memberikan filosopi tentang arti martial art yang sebenarnya dalam usaha mempertahankan diri.

Bruce Lee vs Bob Wahl.

Dan sebagai pendobrak dunia film bertemakan action martial art, Enter The Dragon lah sebagai biang keladinya. Betapa tidak, setelah sukses menembus Hollywood dan perfilman dunia, banyak sekali kloningan-kloningan Bruce Lee yang bertebaran diseantero jagad, termasuk di Indonesia juga lhooo. Cuman sekadar informasi, bagi anda penggemar franchise agen 007 James Bond, difilmnya yang berjudul The Man With Golden Gun (1974), setelah setahun booming Enter The Dragon, film rekaan Ian Fleming ini memberikan unsur martial art dibanyak scenenya, bahkan pengambilan gambarnyapun harus jauh-jauh masuk kepolosok Asia (Filiphina) demi mengejar moment booming film action martial art dari negeri timur.

Sammo Hung vs Bruce Lee.

Last my virdict…nonton film Enter The Dragon memanglah suatu guilty pleasure. Jangan banyak berharap mendapatkan adegan action martial art nan mewah layaknya film-film pop masa kini. Jika kita menilik dari segi akting, yeahhh namanya juga film jadul, maka soal peran aktor aktrisnya ngga usah dipermasalahkan. Dari segi musik score sebagai pengiring beberapa moment adegan difilm, ada beberapa scene yang mengingatkan saya akan film-film James Bond. Dan dari segi koreografi pertarungan, disini Bruce Lee menunjukan performanya sebagai seorang maestro maupun master dalam urusan bak-bik-buk. Over all…film ini layak dijadikan tontonan akhir pekan dimalam hari menjelang tidur, yeahhhh…anggap saja film ini sebagai teman nina bobok anda yang baik.

Kien Shih vs Bruce Lee.

Ehhh…iya, jika kita melihat wajah Bolo Yeung di Enter The Dragon dengan di film Bloodsport yang dibintangi Jean Claude Van Damme, wajahnya tetap gitu-gitu aja alias awet muda. Padahal sewaktu shooting film Bloodsport umurnya sudah 50 tahun lhooo…

Bolo Yeung & Bruce Lee.

Demikian dari saya,

Salam.

Posted in: Resensi Film