Suzuki Stinger 120…Satria dinegeri Thai dan Nam

Posted on 21 February 2011

25


Huhhh!…ngomongin motor bebek Suzuki 2 stroke ini memang tidak ada habisnya. Memangnya bebek yang mana sich? Itu tuh Suzuki Satria 120 R, motor perkasa versi lokal diera 90’an akhir sampai pertengahan 2000’an. Halahhh!…memang sampai segitunyakah tu bebek? ya iyalah, dibandingin bebek lokal sejenis, maksudnya yang sama-sama 2 stroke, ya Satria 120 R’ lah yang bisa diunggulkan disegala hal. Coba aja cek dikubikasi mesin, udah tahu tho kalo ini bebek bukan sembarang bebek. 120cc dengan konfigurasi mesin tegak sudah bisa membuktikan kalo ini bebek ‘super’ dimasanya. Sudah gitu, ditambah lagi dengan 6 speed plus manual cluth…udah lahhhh untuk trek panjang mana ada bebek kompetitor yang bisa ngasapin nich Satria, kecuali tu bebek kompetitor udah dikorek habis.๐Ÿ˜€

Suzuki Stinger 120. Hasil reborn dari Suzuki Akira Young 120.

Dan yang perlu anda ketahui, Suzuki Satria 120 R ini juga pernah ngetop lewat negara tetangga yakni Thailand dan Vietnam era 90’an akhir dulu. Beda disini, tentu beda juga dengan disana. Kalau dinegera kita Satria 120 R ngepop dengan tampilan bebek yang benar-benar bebek, dikedua negara tersebut Satria mempereloh jubah zirah terkeren versi Dnugros. Dengan mengesampingkan aroma bebek kwek…kwek…kwek, motor tersebut dilebur menjadi bebek jago alias bebek dengan konsep ayam jago. Bisa dipastikan aura bebek yang terlihat gemulai berulah menjadi macho ala ayam pejantan tangguh.

Tidak hanya tampilan yang bertransformasi jadi macho, namanyapun diruat menjadi lebih garang. Bukan berarti nama Satria tidak garang, tapi untuk lebih menyengat si rider agar membetot gas lebih dalam, ruatan nama rasa-rasanya perlu dilakukan. Maka sudah benar langkah yang diambil pabrikan Suzuki disana untuk merubah nama Satria menjadi Stinger alias Si Penyengat.

Segala kemewahan yang ada pada Stinger 120, bener-bener menyiratkan cita rasa ayam jago nan galak.

Bicara soal design body. Sudahlah!…harus kita akui memang bodynya untuk ukuran sepeda motor saat ini belum bisa dibilang terbaik, tapi kalau melihat image yang tertangkap saat melihat tongkrongannya, Stinger 120 adalah tipikal bebek cepat dimasanya. Dengan mengambil konsep hampir sama alias sebelas dua belas dengan jirah RK-Cool 110 yang masih sama-sama satu ibu yakni Suzuki, motor ini memang merupakan varian kakak tertua dari generasi bebek ayago bermesin tegak 2 stroke pabrikan Suzuki di Asia Tenggara.

Siapa sangka dibawalik kemewahannya, motor ini menggunakan basis Suzuki Satria 120 RU yang sering wara-wiri dijalanan negeri ini awal tahun 2000’an silam.

Yeah…masih sama dengan saudara tuanya, Suzuki Akira 120. Bebek eksotis tersebut tidak pernah melenggang bebas dijalanan tanah air. Bahkan lewat Importir Umum pun, motor ini juga tidak pernah didatangkan. Tercatat hanya RK-Cool 110 atau adik paling bontot dari Stinger 120 lah yang beredar secara resmi via ATPM lokal awal tahun 2000’an silam.

Demikian dari saya,

Salam.

***********************************

“Cantikan diriku atau motornya hayoooo?”