Honda FSX 150, versi sport touringnya Honda NSR 150 RR ?!

Posted on 15 March 2011

30


Kehadirannya diawal tahun 2000 lalu sempat membuat orang berasumsi bahwa Honda FSX 150 merupakan versi touring dari Honda NSR 150 RR, yeah!…bisa dikatakan hampir sama dengan kemunculan New Honda CBR 250 versi tahun 2010, yang walaupun berselimut fairing sporty tapi posisi stang cenderung agak tinggi layaknya motor touring bukan racing. Hal tersebut juga berlaku bagi FSX 150, posisi setang yang agak tinggi dibanding saudara tuanya NSR 150 RR telah memberikan penilaian tersendiri bagi para penikmatnya.

Lagi-lagi dan lagi-lagi Honda Motor Thailand memanjakan konsumennya dengan kucuran produk baru dari trah dinasti keluarga NSR 150. Yup!…Honda FSX masih merupakan satu keturunan dari dinasti NSR, dilihat dari sisi detail masih masih segaris dengan sang kakak. Cuman yang membedakan dari kedua motor bergenre sport tersebut adalah model body dan beberapa asesoris pendukung saja.

Untuk membuktikan bahwa motor ini masihlah sedarah dengan NSR 150 RR, mari kita intip detail dapur pacunya. Dilihat dari kubikasi mesin yang sama-sama 150cc 2 tak dengan pendingin berupa radiator, serta bore x stroke sama persis yakni 59 x 54.5, disitu sudah terlihat persamaan pertama. Lantas yang kedua mari kita lihat lagi, dari sisi daya kuda yang disemburkan serta torsi yang diberikan juga masih segaris yakni: 37 daya kuda pada 10.000 rpm, serta 2.74kg-m pada 9.000 rpm. Serta yang ketiga lanjut ke kompresi, dengan sama-sama berkompresi 6.8 : 1, sudah terlihat titik terangnya kalau mesin ini motor sudah sebelas dua belas dengan sang kakak. Lantas sebagai pembuktian terkahir adalah di FSX 150 juga sama-sama menerapkan teknologi RC Valve serta mengadop 6 percepatan. Disitu, diatas kertas jelas terlampir mengenai detail spek dari kedua motor tersebut memang masih sama-sama satu darah. Betul khan? kalau salah mohon dikoreksi ya…:-D.

Jika kita melengok dari segi posisi riding, seperti yang telah saya tulis didepan, FSX walaupun sama-sama mengambil tema sport tapi kesan motor cruiser masih kental ada didalamnya, hal ini sangat jelas terlihat pada penempatan handle stang dengan posisi agak tinggi, hingga membuat pengendara tidak merasa pegal maupun capek pada kedua pangkal lengannya saat melakukan perjalanan jauh.

Dengan design fairing yang elegan untuk ukuran motor beraroma racing, sudah memantabkan bahwa kesan sporti abis pada FSX telah tergerus menjadi kesan sport cruiser ataupun sport touring. Mungkin diciptakannya produk ini adalah untuk memberikan variasi pilihan kekonsumen dari pihak pabrikan. Kalau mau montor kencang dengan model sporti abis, konsumen digiring untuk meminang NSR 150, lantas jika konsumen ingin berkendara dengan motor sport tapi terlalu khawatir dengan penyakit ‘encok pegel linu‘ yang dialaminya, maka pihak pabrikan memberikan pilihan FSX 150 sebagai kuda besi yang siap untuk dibawa pulang. Hmmm….‘smart strategic’ dalam berdagang yang kini juga diboyong konsepnya oleh AHM dalam menawarkan produknya kepublik otomotif, grojog banyak pilihan kekonsumen, biarkan konsumen yang memilih sesuai dengan style dan kebutuhannya.

Dan…o..iya…dulu tercatat, motor ini pernah masuk kejajaran motor import umum yang bisa dimiliki oleh bikers dalam negeri, jadi jangan heran jika suatu saat anda melihat sosok motor ini dijalanan sekitar anda.

Demikian dari saya,

Salam.

***********************************************************
Naik motor sport yang posisi setangnya nunduk tidak akan terasa capek kalau yang diboncengin si mbak ini😀.