Honda Raider 135, koq rasanya rame banget ya…

Posted on 5 April 2011

30


Jika melihat model blok silinder serta head visornya, rasa-rasanya koq mirip-mirip dengan model Yamaha RX-Z 135 ya. Kalau melihat model rangka sasisnya, malah jadi teringat dengan model yang dipakai oleh Suzuki RGR 150 dulu. Lantas soal double shockbreker bertipe gas diarea belakang, kalau tidak salah masih mirip dengan kepunyaan peredam kejut Yamaha RZR 135 yang sering terlihat wara-wiri didekade 90’an dulu. Dan jika anda tahu namanya pasti sudah tidak asing dengan sebuah produk bebek DOHC kebanggaan pabrikan Suzuki Thailand, coba tebak apa hayo? Yak! namanya Raider. Tapi anda pasti kaget jika sebenarnya motor model gado-gado ini adalah produk Honda, What!…Honda?!…Honda mengeluarkan produk 2 tak dengan tampilan rame rasanya?…

Yup! betul sekali, dipertengahan tahun 80’an silam pabrikan Honda Malaysia pernah menggelontorkan sebuah masterpiece kendaraan roda dua berjuluk Honda HX 135 atau lebih populer dengan nama Raider dinegeri Jiran sana. Untuk skala bentuk motor ini terbilang rame rasanya, hmmm…jadi kaya rasa permen nano-nano saja😀. Hal tersebut memang tidak terlalu berlebihan bukan jika saya ungkapkan seperti itu?, coba anda nikmati beberapa gambar dibawah ini untuk membuktikan kebenaran tulisan saya😀.

Honda HX 135 versi SS (Super Sprint), varian tertinggi dari kasta Raider. Sudah mengaplikasi 6 speed dengan model signal lamp menyatu ke head visor serta model racy pada knalpot.

Yeah!…walaupun secara garis besar, konsep sport cruiser terasa sangat kental pada posisi berkendara motor ini, tapi berkat power yang dideliver dari mesin 2 stroke 135 cc nya bisa memberikan kesan racy disaat throtle gas dipelintir lebih dalam. Serta dengan dibenamkannya teknologi ATAC (Auto Torque Amplification Chamber) yang sebelumnya terdapat pada pada motor balap Honda kelas GP500 telah tertanam pada lubang inlet ruang bakar kendaraan, maka jaminan nafas panjang bisa diraih saat motor diajak sprint. Belum lagi power yang dimuntahkan yaitu 21 daya kuda pada 8.500rpm, serta kompresi rasio yakni lumayan padat yaitu 7:1, bisa dikatakan motor ini adalah lawan yang seimbang jika diajak head to head dengan Yamaha RX-Z. Dan benar saja, disana sendiri motor ini kerap sekali diajak berkonfrontasi dengan produk legenda Yamaha Hong Leong tersebut, karena dilihat dari detail teknis maupun model tongkrongan, bisa dikatakan hampir imbang.

Honda HX 135 versi RS (Road Sport), versi low end dikasta Raider. Sebagai pembeda dangan versi SS, tipe RS hanya mengaplikasikan 5 speed, signal lamp terpisah dari visor serta model knalpot sangat minimalis.

Selama masa edarnya, Honda Raider pernah mengalami permak baju dan sedikit gurah stamina selama masa edarnya. Hal ini bisa dilihat dari embel-embel 2 huruf dibelakang nama pada tiap tipe yang digelontorkan ke pasar.

Last, itulah sedikit gambaran dari motor jadul tapi berkarakter dari negeri tetangga sebelah.

Demikian dari saya,

Salam.

*******************************************************************

Motor yang benar-benar cantik dimasanya, tapi menurut saya si mbak ini juga layak dibilang cantik koq, apa lagi tunggangannya itu klasik banget😀.