Honda Nova Tena RS 110 (Honda Nova Series – Bagian 2).

Posted on 11 April 2011

26


Masih menyambung artikel minggu kemarin yang membahas varian Honda Nova dari Thailand. Setelah kita berkenalan dengan Nova RS ataupun S yang lahir pada tahun dimana musik disko masih enjoyable yakin 80’an, kini kita akan menilik motor suksesor dari sang kakak. Tak lain dan tak bukan motor tersebut adalah Honda Nova Tena RS.

Yak! Honda Nova Tena RS terlahir diparuh awal tahun 90’an, lebih tepatnya medio 1993/94. Dibidaninya kelahiran sang bebek yang menganut tagline casual sport, merupakan langkah upaya pihak pabrikan Honda Thailand guna merefresh secara tampilan produk kebanggaanya. Jika ditilik dari suguhan pabrikan, penyegaran purwa rupa yang dilakukan pada Honda Nova tersebut patut kita acungi jempol.

Model yang lebih cool dan fresh tersemat apik dimotor yang layak kita sebut sebagai salah satu bebek eksotis pada masanya. Kesan kaku nan jadul dibuang jauh-jauh, agar benak konsumen yang pertama kali menatap langsung terpikat serta berniat untuk menebusnya. Adapun perubahan yang paling kentara pada motor tersebut adalah hilangnya dua buah shockbreker belakang stereo yang dulu masih menempel manis dibagian ajrutan sang kakak, kini sistem reboundnya telah menganut model monoshock yang diklaim oleh pabrikan lebih stabil dalam menerabas jalanan ketika motor tengah dipacu.

Motor yang cukup keren dimasanya bukan?

Perubahan yang adapun tidak berhenti dibagian itu saja, lihatlah! signal lamp depan belakang dimana posisi yang terdapat pada pendahulunya masih menganut model bercuping, kini pada Nova Tena RS telah menyatu pada kedok lampu depan serta body belakang.

Tak afdol rasanya jika motor yang telah dianggap berpenampilan sporti tidak mengusung rear disk brake sebagai penghenti laju. Maka di varian ini, fitur rem cakram belakang telah terpasang manis karena itu hal mutlak yang wajib ada pada motor berngaran sport.

Lalu bagaimana dengan sektor mesin? dirasa tenaga motor 2 tak 110cc masih sanggup berjaban lari ngibrit di arena ataupun jalanan, maka jeroan masih mengandalkan spek sama seperti kepunyaan sang kakak yakni Nova RS. Tapi ingat! walaupun secara spesifikasi boleh dibilang sama plek, susunan gear pada Tena RS telah dimodifikasi agar kesan bukan bebek biasa langsung mencuat. Jika pada Nova RS hanya mengandalkan 4 percepatan, maka divarian ini telah mengadop 5 speed. Keren bukan?😀.

Segala fitur perbaikan yang ada pada diri Nova Tena RS dibanding dengan kakaknya. Bener-bener tercanggih dimasanya.

Lantas menginjak 2 tahun setelah sukses penjualan produknya, maka demi menerapkan efek multi produk dan inovasi tiada henti (lahhh…ini khan tagline suzuki😀.) dari pihak pabrikan, diluncurkanlah  varian perbaikan dari seri Tena RS yakni Tena RS Super. Bukan tanpa arti pihak pabrikan menggelontorkan produknya dengan embel-embel kata Super diakhir nama kebesarannya.

Tercatat penambahan fitur serta perbaikan model juga telah terjadi pada motor ini. Tengok saja detail lampu belakangnya, itulah perubahan yang paling kentara yang terdapat pada sang adik. Tidak hanya model lampu belakang yang diperbaiki, pemasangan velg cast wheel palang tiga agar kesan sporti makin kental perlu dilakukan. Dan terakhir perbaikan susunan gear box pada mesin motor juga dibenahi, menganut perbandingan close ratio agar sang rider bisa semaksimal mungkin meraih putaran mesin atas turut menjadi andil dalam urusan facelift mesin pada varian RS Super ini. Wisss…pokoknya mantab dech motor ini!…iya khan?😀.

Honda Nova Tena RS Super, merupakan kasta tertinggi dari keluarga Tena RS.

Dan sebagai penutup, Honda Nova Tena, pada masa kancah adu balap bebek 2 tak masih meraja. Motor ini pernah membuat geger lawan tangguhnya yang sering kali naik podium dalam gelaran event road race tanah air yakni Suzuki RG-Sport yang ditunggangi oleh Hendriansyah alias si kuncung. Kalau tidak salah joki pembuat onar pengendara Nova Tena tersebut adalah Rafid Poppy.

Demikian dari saya,

Salam.

*******************************************************************

Hmmm…bebek eksotis yang bikin gemetar dengkul kaum pria sewaktu menggebernya, layaknya si mbak ini yang juga bisa bikin gemetar dengkul kaum pria sewaktu….lanjutin sendiri dech!😀.