Yamaha Touch 125, touching your heart!

Posted on 12 April 2011

57


Banyak kontroversi seputar kehadirannya diranah permotoran dalam negeri lampau. Motor yang sempat diedarkan oleh YMKI secara CBU (Completly Built Units) ini sempat menjadi trend sesaat, namun setelahnya bagaikan lenyap ditelan bumi uforia atas kehadiran produk motor sport berbodi slim ini. Motor apakah tersebut yang menjadi hot issue para bikers kala itu? Yak!…Yamaha Touch 125 namanya. Sebuah produk garapan dari Yamaha Siam. Mungkin bagi anda yang pernah mengagumi sosok motor ini pada masanya, pasti sudah tidak asing dengan pemberitaan berbau negatif atas kelahiran Touch 125 dijalanan negeri kita bukan?

Yamaha Touch dengan tag line kebesarannya di Thailand, “Street Thunder 125cc”.

Untuk merefreshnya kembali, mari kita buka lagi lembaran usang tempo dulu yang sempat pudar tertelan masa.

Gosip panas yang kala itu beredar santer adalah, Yamaha Touch 125 merupakan produk gagal dinegeri asalnya sana. Hal tersebut juga diperkuat dengan jebloknya raport penjualan domestik motor itu sendiri. Selain disebut sebagai produk gagal, motor tersebut tidak mempunyai sertifikasi lolos uji emisi gas buang EURO II yang ternyata sudah menjadi syarat wajib bagi motor keluaran dari negeri Gajah Putih memasuki awal tahun 2000’an silam. Dan hot isu yang terakhir adalah, Touch 125 kalah dalam segi penjualan dikarenakan marketnya termakan oleh produk kompetitor yakni Honda LS 125R.

Apakah semua gosip diatas benar adanya? auu ahhh gelap😀.

Tipe warna yang tersedia di Thailand sama plek dengan yang dijual di Indonesia.

Yeah! gosip hanyalah gosip, tapi ternyata dibalik semua isu panas tersebut, motor ini sesungguhnya mempunyai potensi yang bagus untuk bertanding dengan produk lawan. Secara kasat mata dan jika dibandingkan dengan gambaran head to head, Touch 125 wajib untuk dilirik sebagai penantang terpanas.

Coba tengok spek mesin dari motor berteknologi 2 tak ini, dengan menyandang kubikasi sebesar 125cc, liquid cooler, bore x stroke 54.0 x 54.7mm, serta berpengkabut bahan bakar Mikuni SS 24mm, sudah memberikan gambaran yang jelas bahwa motor ini secara mesin juga menarik untuk dipinang. Belum lagi horse power yang dimuntahkan yakni 24.5 daya kuda pada 8.500 rpm, serta torsi sebesar 1.99kgf.m / 8.000rpm, bisa dibilang Touch 125 memang benar-benar bisa menyentuh hati para penggunanya untuk bermanuver dengan cepat dijalan. Walaupun hanya mempunyai low compretion sekitar 6.9 : 1, tapi bukan berarti ini motor yang gampang untuk disepelekan, lihat saja bobot motor yang hanya mencakup 103kg, saya rasa siapapun penyemplaknya akan dengan mudah mengontrol laju motor dengan sigap, karena jika dihitung menggunakan power to weight ratio, Touch 125 bisa diajak selap-selip dengan enteng pada putaran mesin atas bawah.

Cuman hanya satu kekurangan dari motor ini, amatilah dimensi ukurannya. Untuk ukuran motor batangan berkarakter sport, Touch 125 terbilang sangat mungil, bahkan saking mungilnya, jika orang awam memperhatikan dari arah buritan, sosok garangnya tertelan dengan cungkringnya bentuk. Malahan akan terlihat seperti motor bebek jika tidak diamati secara seksama. Hmmm….mungkin itulah nilai minus dari motor ini, but overall it’s okey koq…betul ngga?!😀.

Segala kelebihan yang ada pada Yamaha Touch 125 kala itu.

Last, walaupun sekarang keberadaan motor 2 tak sudah melewati masa emasnya. Tapi tidak bagi para penikmatnya, nilai yang ada pada motor 2 tak bercita rasa sport tulen mempunyai harga diluar kewajaran, bahkan jika memperhatikan tahun produksinya bisa dibilang tidak masuk akal dengan harga jual saat ini. Hal tersebut juga berlaku bagi Yamaha Touch 125, jika masih dalam kondisi prima serta tingkat orisinilitas part tinggi, harga jual yang adapun bisa dipatok tinggi layaknya harga beli dalam kondisi fresh from dealer.

Demikian dari saya,

Salam.

********************************************************************

Hmm…lagi-lagi motor cantik, secantik si mbak yang satu ini😀.