Kymco NSR 150, bagaikan anak tiri dikeluarga Honda NSR.

Posted on 19 April 2011

24


Artikel ini sebenarnya adalah hasil pemekaran dari artikel sebelumnya yang pernah terbit disini. Berhubung disitu ada salah satu motor trah dinasti dari sport batangan 150cc 2 stroke yang berbeda dari saudara seperguruan lainnya, maka kali ini saya tergelitik untuk mengulas lebih jelas kepada anda. Wokeiii…kalau gitu mari kita lanjut….!

Apa yang ada dibenak pikiran anda jika saya menyebutkan tentang brand Kymco? Bukankah itu sebuah nama produsen motor asal Taiwan? Yup betul, apa lagi? pabrikan yang selalu konsen dengan produk Jet Matic dengan selera mendunia bukan? Tepat sekali, dan kalau tidak salah sebagai salah satu pabrikan yang mensuplay kebutuhan part pendukung dalam event gelaran lomba adu kebut jet darat alias F1 kan? Yak!…100…anda benar semuanya.

Tapi jika saya bertanya, apakah Kymco pernah memproduksi motor sport dari trah dinasti NSR 150? Hah apa?! Kymco pernah memproduksi motor bernama NSR 150?…jawabnya iya, itu under licence Honda Jepang. Nah lhooo…?!, bagi yang sudah tahu mungkin ini bukan info yang asing lagi, tapi bagi anda yang belum tahu, masa sih Kymco memproduksi motor sport.

Kymco NSR 150, generasi kedua.

Untuk penjelasannya akan saya mulai dari cerita awal mula berdirinya pabrikan Kymco itu sendiri di China Taipei atau lebih familiar kita sebut sebagai negara Taiwan. Kymco atau Kwang Yang Motor Company Ltd, merupakan sebuah perusahaan sentra otomotif yang didirikan pada tahun 1963. Tujuan semula didirikannya pabrik ini adalah untuk membantu suplai kebutuhan part dari pabrikan produsen otomotif Honda Jepang, maka tidak heran diawal-awal berdirinya hingga dalam masa pembangunan pondasi perusahaan, embel-embel nama Honda terselinap di Kwang Yang Motor Company. Hingga memasuki tahun 2002, Kymco memposisikan dirinya sebagai terbaik nomor 5 dunia dalam urusan produsen otomotif tanpa adanya lagi campur tangan dari pihak prinsipil Honda Jepang.

Balik lagi ke lahirnya NSR 150 dari rahim Kymco. Sama seperti AHM (Astra Honda Motor) ditahun 1994, pabrikan tersebut juga merilis motor sport berjuluk NSR 150 R tapi dengan spesifikasi agak dibawah standarisasi pabrikan Honda dari kawasan Asean Tenggara macam Thailand maupun Indonesia. Maksud dari dibawah standarisasi disini adalah pengurangan output power yang diperolah motor tersebut. Entah kenapa diberlakukan kebijakan seperti itu bagi NSR keluaran Kymco?

Seperti yang sudah saya tulis diartikel sebelumnya, power maksimal dari NSR 150 terbitan Kymco hanya mencapai 22.5 ps @ 9.500 rpm, jauh dibawah dari NSR 150 R keluaran AHM bukan? terus lagi kompresi yang diperoleh hanya 6:8 : 1 tergolong biasa sekali untuk ukuran motor sport batangan berkubikasi 150cc liquid cooler.

Kymco NSR 150, generasi pertama.

Secara life cycle, Kymco NSR 150 memiliki rentang produksi lumayan panjang dengan hanya mengandalkan 1 kali poles wajah. Memasuki penghujung tahun 90’an, NSR 150 mendapat operasi ganti baju guna memperpanjang durasi masa edarnya. Hanya sedikit permak body sana-permak body sini dan perubahan warna serta striping eye catching yang tidak sesuai dengan selera masyarakat melayu kebanyakan, motor ini bertahan ditengah gerusan kepunuhan populasi motor 2 tak.

Hingga pada akhirnya dipenghujung tahun 2000’an, Kymco NSR 150 akhirnya menyerah dengan keadaan. Secara market yang tidak begitu memuaskan dari dalam negeri, serta rong-rongan berbagai produk motor batangan 4 langkah lainnya, turut mensukseskan akhir nasib produk sport andalah dari Kwang Yang Motor Company Ltd tersebut.

Itulah sedikit gambaran dari Kymco NSR 150, yang walaupun dianggap keluar dari pakem keluarga NSR itu sendiri bahwa power dan speed adalah diatas segalanya bagi para penikmatnya. Yeah! bisa diartikan juga bahwa motor ini sebagai anak tiri dikeluarga besar Honda NSR😀.

Demikian dari saya,

Salam.

*********************************************

Buat Kymco NSR 150, tampang sih not bad, tapi power is so bad berbeda dengan si mbak yang satu ini dari tampang dan power kelihatnya is so good semuanya😀.

u