Apa tujuan anda ngeblog?

Posted on 21 April 2011

21


Terkadang sempat terlintas diotak, apa tujuan saya ngeblog? Menjadi figure unik didunia maya, ratusan subcriber feed, ribuan cklickers, menggaet banyak relasi pertemanan, branding atas informasi yang tersaji dalam bahasan tertentu, dan banyak lagi jawaban lainnya.

Well…bagaimana dengan anda para aktivis blog yang menyisihkan beberapa jam perhari guna memaintain serta mengupdate blog? Apakah sama dengan jawaban saya diatas? atau mungkin sudah punya jawaban sendiri? jika pertanyaan barusan saya ajukan? yang jelas setiap orang akan mempunyai persepsi unik atas nama pribadi.

Disini saya ingin sekedar sharing, pertama kali Dnugros Blog beredar didunia maya, saya sebagai owner terus terang tidak mempunyai niat khusus buat apa saya ngeblog. Cuman karena waktu itu saya penggemar hal-hal berbau otomotif roda dua, diberanikanlah kedua tangan saya untuk membuat serangkaian untaian kata demi kata dalam membentuk artikel yang hingga kini telah banyak terpublish menjadi sebuah postingan berbau otomotif dengan tema agak genit dibanding yang lain tentunya😀.

Jujur! tulisan bung Ilham sang kreator Kafemotor.wordpress.com banyak menginfluence saya waktu itu. Dan juga tidak ketinggalan nama-nama blog otomotif besar semisal Bennythegreat, Triatmono, Riderkampung, ataupun Asmarantaka yang bersliweran didunia maya untuk terus menggelitik kesepuluh jari guna menulis lebih kreatif “seperti mereka”.

Ya kata-kata “seperti mereka” memang tidak terlalu berlebihan jika saya sematkan disini. Tapi apa iya saya akan berkiblat seperti senior-senior blogger otomotif dalam waktu yang relatif lama? tentu tidak, Dnugros Blog haruslah mempunyai trade mark sendiri. “Dare to be different” adalah moto dari owner blog ini, maka kenapa dulu terpublish artikel yang mengandung konotasi genit bahkan banyak pengunjung yang menganggapnya sebagai cerita stensil murahan terlahir dari rahim blog ini? itu semata-mata agar trade mark seorang Dnugros bisa menancap kuat dibenak pengunjung. Apakah ini berlebihan? tidak ada kata berlebihan dalam menciptakan suatu branding image😀.

Apa perlu suatu blog menciptakan suatu image? Harus dan perlu jawabnya. Kenapa? agar sang owner bisa menjadi sebuah icon pop culture dalam suatu dunia perblogeran. Semisal, jika Bennythegreat tidak menciptakan idiom Pembodohan Otomotif serta anti Bebek, maka siapa yang akan tertarik dengan Beruang Madu?, kalau Triatmono tidak menciptakan jargon Time Will Tell siapa yang akan menarik kedekatan antara emosi pembaca dengan Juragan Rondo?, dan kalau Asmarantaka tidak mengumbar gambar erotis tanpa tedeng aling-aling, maka siapa yang akan membuat peternak Bekicot ini menjadi begitu fenomenal. Walaupun terlihat sepele tapi trade mark setiap blogger mempunyai arti khusus dimata pembaca serta penikmat setianya. Apa kata dunia jika semua dunia blog otomotif Indonesia hanya diisi dengan model yang putih-putih saja atau hanya dihiasi oleh yang hitam-hitam saja? Jadi tidak berwarna dan parahnya lagi akan membosankan!

Last!…cuman sedikit kata dari saya, bagi anda yang ingin memulai menjadi blogger kondang seperti senior-senior anda, jangan takut untuk memulai dari nol. Tidak salah jika harus mengekor ketenaran mereka terlebih dulu, tidak haram jika harus mencontek habis gaya tulisan mereka. TAPI INGAT! jangan terlalu dibawa berlebihan, gali potensi unik dari diri anda pribadi, keluarkan sisi menarik yang akan membuat para pembaca tertarik. Jadi ketika anda ditanya untuk apa tujuan anda ngeblog? anda tidak perlu mencari alibi, “saya ingin menjadi seperti mereka!” karena menjadi diri sendiri ternyata lebih memuaskan dari pada menjadi orang lain.

Demikian dari saya,

Salam.

Posted in: Petuah & Opini