Honda New Nova Dash 125 (Honda Nova Series – Tamat).

Posted on 25 April 2011

46


Yak inilah artikel penutup dari 3 artikel sebelumnya yang telah membahas kelahiran dari varian bebek hyper teknologi pada masanya. Dan betul sekali, Honda Nova adalah merupakan sepeda motor tipe cub yang mempunyai nilai design serta artistik terbaik dikelasnya pada waktu itu.

Maka pada senin biasanya, setelah 3 minggu sebelumnya lahir artikel yang membahas regenerasi dari Honda Nova, Nova Tena, dan Nova Dash. Maka kali ini perkenankanlah saya mengurai sedikit tentang generasi terakhir Honda Nova berteknologi 2 stroke, yakni New Nova Dash 125cc.

Terlahir setelah melalui masa transisi dari varian Dash ke New Dash ditahun 1998, perubahan design body menuju ketatanan lebih sporty adalah tajuk utama pada motor sport keluaran AP Honda Thai ini. Walaupun masih mengadop spek mesin dari sang pendahulu yaitu Nova Dash 125cc, saya rasa soal performa motor ini tidak usah diragukan lagi kedigjayaannya dikancah motor cub 2 stroke bermesin hyper. Ya! soal power motor ini memang terbaik dikelasnya, tidak berlebihan bukan jika saya mengatakan demikian?.

125cc 2 tak mesin tegak layaknya motor batangan, berpendingin cair, berkarburator Keihin PE24, 6 speed, berkompresi padat 7.0:1, serta memiliki model rangka deltabox layaknya motor sport tulen yang mampu menggendong keliaran daya dari ganasnya output power mesin, adalah gambaran sempurna untuk bebek yang memiliki cita rasa premium serta high technology. Belum lagi daya kuda yang dimuntahkan juga relatif besar yakni 22ps pada 9.000rpm, lengkap sudah pembuktian diatas kertas bahwa New Nova Dash merupakan perpaduan apik antara maskulinitas serta speed freak yang terkandung didalam auranya.

Berbicara soal design body, sudah cukup jelas bahwa roh sporty yang terkandung dari varian sport batangan Honda NSR 150 SP telah menurun kemotor bebek eksotis yang pernah tercipta kemuka bumi ini. Tengoklah model tail serta head lampnya, bukankah itu model NSR 150 SP yang dieja wantahkan kebentuk tiny bukan? Lekukan-lekukan dinamis yang ada pada sepanjang body belakang hingga center bone, sudah cukup untuk menilai bahwa dimensi yang proporsional sebagai bebek sporty layak disandangkan pada New Nova Dash. Dan untuk penguat image tersebut, corak grafis striping yang ada disekujur tubuh motor layak dinobatkan sebagai design tercantik pada bidangnya.

Last sebagai penutup. Motor yang diawal tahun 2000’an lampau pernah juga wara-wiri dijalanan negeri ini yang masuk via importir umum, tercatat pernah menghiasi hati para penikmatnya guna menunggangi dengan penuh kebanggaan. Yeah! 2 tak tetaplah 2 tak, apalagi dengan purwa rupa yang sedemikian memikat, maka tak jarang walaupun keberadaannya bagaikan berlian yang terselip diantara gundukan pasir, Honda New Nova Dash 125 merupakan barang incaran para kolektor item motor eksotis.

Demikian dari saya,

Salam.

********************************************

Hmmm…motor keren, memang naik motor keren harus pas dengan boncenger yang keren juga, misalnya kaya mbak dibawah ini, bagaimana? manteb kan?😀.