Yamaha JR 120 S, pesona sang kakak Yamaha Tiara 120 S.

Posted on 2 May 2011

23


Masih ingat dengan kemolekan serta keperkasaan Yamaha Tiara S120? salah satu bebek perkasa dengan model ayam jago, keluaran YMKI? Yup!…motor ini dulu diawal-awal tahun 2000’an sempat membuat heboh underbone lover 2 tak. Dengan disupport penjualannya oleh pihak ATPM resmi seharusnya hasil manis yang bisa dipetik, tapi nyatanya hal tersebut tidak berbuah manis alias floop dipasaran.

Okeiii…hari ini saya tidak akan ngomongin motor tersebut, karena diartikel terdahulu saya pernah menyinggungnya. Lantas apa donk yang mo dibicarain? hmmm…apa ya? kalau membahas kakak dari Yamaha Tiara asyik kali ya? yeahhhh! hitung-hitung sambil ngorek informasi mengenai keberadaan pendahulu motor eksotis dijamannya tersebut.

Dinegara asalnya Thailand, Yamaha Tiara 120 mempunyai nama besar Speed MX 120. Nah! sebelum Speed MX 120 unjuk kebolehan dipasar Asean, ditahun 1994/95’an motor ini terlebih dulu lahir dengan nama Yamaha JR 120S. Sebagaimana suksesornya, JR 120 datang dengan mengedepankan konsep ayam jago tentunya.

Yamaha JR 120 P.

Dengan design yang terbilang macho untuk ukuran motor bebek, JR 120 bisa memberikan aura maskulin bagi sang pengendara. Seperti yang telah saya bilang didepan, motor ini terlahir dengan menganut model ayam jago seperti halnya bebek hyper technology kebanyakan di Thailand. Kaki-kaki jenjang penghias bagian haluan adalah ciri mutlak sebagai bebek jago, dengan dilengkapi piranti keamanan berkendara berupa double diskbrake depan belakang merupakan faktor krusial yang harus tertanam pada sebuah motor hyper, apa jadinya motor kencang jika tidak dilengkapi piranti pengereman yang memadai, iya khan?

Selain tampang yang memang bisa diidentikan dengan aura kecepatan. Ternyata JR 120S memang juga mempunya spek mempuni untuk menunjukan kapabilitasnya sebagai yang terbaik dikelasnya. Dengan diberikan kubikasi mesin sebesar 119cc (bore x stroke 54.0 mm x 52.0 mm), berteknologi 2 tak pendingin udara, 5 speed, serta horse power 17,5 PS @ 8.000 RPM, dan tentu saja tak ketinggalan kompresi terhitung tinggi untuk ukuran motor 2 tak waktu itu yakni 7,2 : 1, Yamaha JR 120 mampu melenggang dihadapan rivalnya untuk unjuk kebolehan. Seperti motor-motor 2 tak konvensional kebanyakan dimasanya, karburator VM22 dengan brand Mikuni adalah piranti pengkabutan yang wajib ada pada tiap produk dikelasnya.

Yamaha JR 120 SS (sudah dilengkapi fitur rear disk brake serta kopling manual).

Yeah! bisa dibilang umur penjualan motor ini termasuk panjang, sebelum pada tahun 2002 dengan mendapatkan facelift muka serta sedikit sentuhan pada beberapa bagian tubuh, JR 120S tetap menjadi pilihan terbaik konsumen loyal Yamaha. Ya iyalah, lha wong adanya cuman itu…he..he..he..he.

Akhirnya setelah melewati jalan terjal menghadang dalam hal penjualan (halahhh bahasanya lebay banget), motor ini mendapat perlakukan seperti layaknya produk-produk kebanggaan tiap ATPM. Make over! adalah keputusan yang harus dilakukan untuk tetap bisa mengangkat bendera kejayaan JR 120. Maka setelahnya, Tiara 120 S alias Speed MX 120 adalah jawaban pihak pabrikan guna tetap mempertahankan eksistensi produk unggulannya. Dengan tidak lupa waktu itu, almarhum Norick Abe yang dijadikan brand ambasador sebagai pengerek nilai jualnya.

Suksesor Yamaha JR 120 S, Yamaha Tiara 120 S atau di Thailand lebih dikenal dengan nama Speed MX 120.

Demikian dari saya,

Salam.

**************************************************************

Naik motor bebek beginian, pastinya sangat syahdu jika sambil memboncengkan cewek cantik macam si mbak yang satu ini. Tapi pastikan dia diminta melepas highhill nya terlebih dulu, karena kalo tidak dijamin boncenger akan kurang nyaman dalam posisi duduknya😀.