Honda Smile 110, bebek hyper serasa bebek konvensional.

Posted on 9 May 2011

34


Heran juga saya dengan model motor bebek yang satu ini, walaupun dibekali dengan mesin keturunan langsung Nova Tena 110, bukan model sporty yang dijadikan andalan melainkan tongkrongan bebek konvensional seperti halnya Astrea Supra X 100 yang kebanyakan beredar disini.

Sangat bebek sekali!, itulah kesan pertama kali saat menangkap siluet model dari Honda Smile 110cc ini. Ya! Honda Smile merupakan buah produksi dari AP Honda Thailand medio 1994 sampai dengan 1998’an. Dengan model yang sangat sederhana ala bebek kebanyakan yang menggendong mesin berkonfigurasi slonjoran, Smile hadir memberikan nuansa segar ditengah serunya perang dominasi motor bebek dengan teknologi hyper dikelasnya.

Walaupun mempunyai tampang biasa saja, tapi ingat! motor ini tetap saja mempunyai potensi untuk diajak geber gas. Bagaimana tidak, dengan mengandalkan basis mesin dari saudara tua satu ibu yakni Honda Nova Tena, siapa yang akan mau meremehkan kebengisannya (Sebagai catatan, walaupun mempunyai basis mesin sama dengan Nova Tena, motor ini hanya mengandalkan 4 percepatan serta kopling otomatis, dengan max power 13ps @ 7.500rpm ). Walaupun kalangan penikmat moped dinegeri Thai menganggap motor ini sebagai spec down dari keperkasaan Tena, tapi tetap saja mesin 2 tak tetaplah 2 tak, dibalik polosnya tampang bak bebek kebanyakan tapi tenaga liar ala bebek hyper siap tersalurkan jika sang rider telah melakukan oprek maksimal.

Hmmm…mungkinkah dulu motor ini dilaunching guna memberikan variasi model dari kelas bebek 2 tak yang kala itu dinegeri Siam sana dipenuhi oleh produk ayam jago? bisa jadi, jawabnya.

Honda Smile 110cc, versi termurah dari varian Smile karena hanya mengandalkan rem depan tromol.

Selama masa edarnya, Smile hadir dalam 2 model yakni tromol dan cakram. Selain menggunakan 2 fitur berbeda, tapi motor ini menggunakan 1 fitur knalpot yang sama, yakni terpasangnya catalytic converter hingga predikat lolos standarisasi EURO 2 telah diraihnya.

Tapi ya itu tadi, sebagus apapun motor 2 tak, sepower full apapun motor 2 tak. Garis nasib tidak bisa dirubah. Perlahan tapi pasti keberadaannya akan tersingkir oleh dominasi motor-motor yang diklaim lebih hemat bahan bakar serta ramah lingkungan.

Honda Smile-S 110cc, dilengkapi fitur rem cakram depan.

Demikian dari saya,

Salam.

******************************

Hmmm…walaupun tampangnya seperti bebek biasa, tapi Smile 110 mempunyai power yang luar biasa. Bagaikan si mbak yang cantik ini, dibalik wajah cantiknya mempunyai power yang ruarrrr biasa untuk membuat kaun adam kelojotan😀.