Honda Cela 105, sosok ajag kurang greget.

Posted on 16 May 2011

16


Bahkan motor produksi dari AP Honda Thailand ini pasti luput dari perhatian anda penikmat ayam jago bukan? Terang saja keberadaanya  sempat terlewatkan, karena memang kepopulerannya kalah dibanding dengan kakak kandungnya, yakni Honda Nova. Walaupun dibekali dengan mesin sama plek dengan Nova seri R, tapi tetap saja pamornya tidak secemerlang saudara tuanya. Kenapa bisa begitu? entahlahhh….

Apakah karena modelnya yang kurang begitu menawan atau ada faktor lain yang tidak bisa mengangkat citra diri dari Honda Cela 105 ini. Apa tadi namanya? Ya! nama motor tersebut adalah Cela 105cc. Sungguh nama unik dan simple untuk ukuran motor dengan cita rasa jago waktu. Tapi apalah arti sebuah nama, begitu ungkap si William Shakespeare. Yo wis lanjut…

Kembali lagi ke Honda Cela 105. Terlahir di tahun 1992 hingga 1995 dengan pangsa pasar dalam negeri serta sisanya untuk didistribusikan ke negara tetangga macam Philipina sampai Vietnam, seharusnya motor ini bisa memberikan antusias yang lumayan bergemuruh bagi penikmatnya. Tapi, mungkin faktor kalah pamor dibandingkan dengan sang kakak, mengakibatkan jumlah edar yang tercatat dipasar domestik Thailand pun tidak begitu bagus. Hingga terpaksa diumur produksi yang masih muda, Cela 105 harus rela tutup buku.

Jika kita menengok ke sektor tampang, bisa dikatakan not bad alias lumayanlah, bukankah modelnya sudah memenuhi selera konsumen era 90’an awal kan? Coba compare dengan saudara tuanya yakni Honda Nova R yang memang mempunyai basis mesin sama plek, terlihat hampir imbanglah. Cuma, mungkin satu hal yang bikin calon konsumen enggan meminang motor ini adalah kesan soft dibagian buritan, perhatian detail stop lampnya, benar-benar tidak menawarkan aura sporty layaknya Nova.

Lantas bagaimana dengan performanya? kalo melihat spek teknis yang mirip plek Nova seri R, saya kira untuk performa juga tidak jauh beda dengan motor tersebut. Berarti lumayan bertaji dong? ya iyalah…lha wong mesin 2 tak dengan konfigurasi tegak koq, biar kata termasuk ke generasi bebek tapi tetap saja mesin tersebut bisa memberikan sensasi tersendiri jika diajak main betot gas.

Last…itulah sekelumit info tentang motor langka yang bisa dibilang lolos dari perhatian penggemar jenis ayam jago.

Demikian dari saya,

Salam.

*****************************************************************

Ahhh….Honda Cela, walaupun terbilang kurang sukses dibanding motor ajag keluarga Honda lainnya tapi pesonamu tetap saja memberikan sensasi tersendiri bagi penunggangnya. Sama halnya mba cantik ini, sama-sama bisa memberikan sensasi tersendiri bagi sipenungganggnya…ehhh…sipacarnya maksudku😀.