Suzuki Katana GS 150, versi bonsai dari Katana GSX 1000.

Posted on 19 May 2011

20


Sosok motor Suzuki Katana GSX 1000cc memang begitu menggoda bagi para penyukai naked bike diera 80’an. Karena modelnya yang serba muscle, sangatlah cocok untuk para kaum pejantan yang suka touring dengan big bike. Okeiiii, cukup! hari ini saya tidak akan ngomongin motor berdimensi gembot tersebut, melainkan mau membahas motor versi bonsai nya. Hah?! emang ada versi mininya?. Jelas ada donk, lha wong Honda CBR 1000cc saja ada versi mininya yang berkubikasi 150cc, masa pabrikan sekelas Suzuki juga ga bisa membuat  versi tiny.

Suzuki Katana GSX 1000 S.

Bisa dibilang Suzuki Katana GS 150 merupakan motor versi bonsai pertama dari klan Katana series yang notabennya berteknologi 4 langkah. Yak, benar, motor versi mini yang saya maksud diartikel ini adalah Katana GS 150. Pertama kali diperkenalkan kepada publik Jepang pada tahun 1988 dengan mengadopsi model sama halnya dengan sang kakak, yakni GSX 1000 S.

Cita rasa sport touring sangat kental terasa pada motor ini, coba lihat bentuk dari fairing head lamp serta buntut nya, benar-benar menyiratkan sebuah motor yang nyaman untuk diajak menjelajah medan jalanan perkotaan bukan. Dan juga amati detail dari velg cast wheel model kerucut segi lima nya, hmmm…kesan motor eksklusif langsung nampak jika dibarengi dengan balutan berprofile donut.

Suzuki Katana GS 150 S (versi naked).

Kemudian tentang enginenya itu sendiri. Sama dengan yang nama motor nya yakni GS 150, kubikasi yang disandangnya pun sebesar 150cc. Dengan power berkisar 16ps @ 9.500rpm serta torsi 1.3kg-m @ 8.000 rpm, dengan dilengkapi 5 percepatan kopling manual, yeahhh! bisa dibilang lumayan powerfull untuk ukuran kendaraan roda dua berteknologi konvensional ditahun 80’an. Apalagi ini adalah tipikal motor street touring yang memang ditujukan untuk berkomuter dari point A ke point B, jadi bukan tenaga galak yang ditonjolkan melainkan kenyaman berkendara yang diunggulkan.

Memasuki tahun 1991, Katana GS 150 mendapat ubahan pada sektor rangka dan baju. Jika semula konsep naked bike yang dijual, kini model full fairing dengan tetap mengandalkan benang merah sebagai motor sport cruiser lah yang dipamerkan. Jika semula rangka masih menganut model double cradle frame, kini model twin spar frame yang dijadikan acuan. Akan tidak lucu tohhh jika motor berfull fairing masih mempunyai rangka besi bulat, kecuali kalo menganut konsep ala Ducati yang bangga dengan Trellis Frame nya.

Suzuki Katana GS 150 R (versi full fairing).

Yeah! Suzuki Katana GS 150 bisa dibilang merupakan varian langka, bukan hanya karena pendistribusiannya yang hanya dibeberapa negara Eropa serta Asia, tapi juga karena jumlah edarnyapun konon diberitakan tidak begitu banyak layaknya motor varian bonsai seperti saat ini.

Demikian dari saya,

Salam.

*****************************************************************

Yeah! motor boleh jadul tapi soal tampang dan estetika boleh diadu dengan motor tahun muda. Bisa dikatakan pesonanya begitu menawan para kaum batangan yang mampu menikmatinya. Begitu juga dengan si mbak cantik ini, dia juga mampu menawan para batangan yang mampu ‘menikmatinya’😀.