Suzuki RGV 120, setingkat lebih grenggg dari Satria 120 R

Posted on 23 May 2011

39


Jika di Indonesia, kita boleh bangga atas produk ATPM Suzuki Indonesia era 90’an – 2000’an silam, dengan Satria 120 R nya. Walaupun disektor performa, diatas kertas motor ini kalah tipis dengan produk negara sebelah yakni RGV 120 asal pabrikan Malaysia.

Betul, walaupun bertampang hampir mirip dengan spek mesin juga hampir sama, tapi Satria 120 R harus mengakui inferiornya dibanding saudara segenetika nya tersebut. Lantas apa sih kelebihan RGV 120 dibanding Satria 120 R ?

Pertama-tama bandingkan output power yang dihasilkan, jika RU 120 mengantongi 13.5 ps @ 8.000 rpm, RGV 120 akan dengan bangga mempersembahkan daya kuda yang dihasilkan sebesar 15.5 ps @ 8.000 rpm. Lantas lanjut ke bagian konsol setang, jika RU 120 hanya dibekali speedo serta fuel meter, maka lain lagi dengan RGV 120, jarum penunjuk putaran mesin alias tacho meter telah bertengger manis disebelah kanan speedo meter, ciamik bukan?

Pembeda yang ada selain kedua sektor diatas adalah dari sisi body. Secara kasat mata, model batok setang dari RGV 120 lebih mirip ke bentuk setang Suzuki New Shogun 110, lebih slim dan berkarakter unik. Dan juga untuk stomp lamp belakang, design signal lamp nya bisa dibilang unik karena ada sedikit gradasi warna pada mika kacanya yang membentuk linkaran lonjong pada masing-masing sisi. Selain bagian head lamp serta stop lamp, bagian yang agak berbeda lainnya adalah pada cover sayap kanan kiri motor. Jika diamati secara sekilas akan mengingatkan kita dengan model sayap dari Suzuki Tornado, iya khan?

Yeah, terlepas dari sedikit keunggulan yang ada pada RGV 120, kedua motor tersebut mempunyai satu kesamaan yaitu fans berat masing-masing produk. Dan hal itu juga berlaku bagi saya…ehemm🙂.

Demikian dari saya,

Salam.

**********************************************************

Bagi saya Suzuki 120 R adalah tipe spesies bebek unik nan manis hingga membuat saya terpikat untuk meminang, sama dengan si mbak dibawah, doi benar-benar bisa membuat saya terpikat untuk betah melotot mengamatinya😀.