Honda MB5, si imut yang bikin kesengsem.

Posted on 8 June 2011

15


Salah satu moped terlaris yang pernah dipasarkan dibeberapa negara bagian Amerika. Yak! Honda MB5 membawa cita rasa baru berkendara didalam kota. Pertama kali didatangkan langsung dari negeri asalnya Jepang pada tahun 1982, sejak pertama kali kemunculannya motor ini memang memberikan pesona tersendiri bagi bikers yang tengah berada dalam masa mengasah skill ridingnya (baca dalam tahap belajar).

Dengan dipersenjatai mesin 2 langkah berpendingin udara, berkubikasi 50cc (bore x stroke = 39 x 41.4 mm), serta berkompresi 6.4 : 1, motor mungil ini tentunya mampu membuat para penyemplaknya nyaman untuk putar runut gas. Disertai dimensi nan kompak bisa dipastikan sangat memudahkan si pengendara dalam bermanuver mengatur handling setang. Seperti kubikasinya yang mini tentu saja power juga tidak terlalu diumbar oleh pihak pabrikan, tercatat maksimum horse power yang disandang hanyalah 2.55 ps @ 6.000 rpm. Maka kecepatan maksimal yang pernah dibukukan oleh beberapa rider pengguna Honda MB5 cuman sampai sebatas 80 kph….hmmm not bad untuk ukuran moped yang bertransmisikan 5 percepatan ini.

Lantas bagaimana dengan lekuk design dari motor yang pertama kali dijual di Inggris serta negara-negara besar Eropa pada tahun 1979 ini? Secara pribadi saya menilai modelnya hampir menyerupai Honda Win 100cc yang pernah wara-wiri dijalanan negeri kita lampau. Tapi walaupun kesan moped ber cc kecil begitu kental, aura racy old skool pada MB5 yang tutup buku pada tahun 1988 secara global ini begitu menawan. Benar-benar menarik perhatian saya yang begitu jatuh cinta dengan motor-motor 2 tak model lawas seperti ini…

Walaupun sekarang keberadaannya bagaikan hilang ditelan bumi, tapi para penikmat dari motor ini masih bejubel terutama mereka yang berasal dari negara-negara Eropa dan Inggris. Bahkan saking besar antusiasme para kolektor maupun penghobbies dari Honda MB5, beberapa maniak dari motor ini yang melek dengan teknologi informasi, terutama dari Inggris, telah membuat suatu wadah komunikasi berupa web yang bisa diakses oleh para pecinta Honda MB5 diseluruh dunia. Jika anda penasaran dengan halaman web nya, coba klik disini.

Demikianlah sekelumit cerita tentang Honda MB5 yang dulu dimasa kejayaan motor batangan kelas capung (baca 50cc) juga ikut bertarung dengan produk the big four from Japan, yakni Kawasaki AR50, Yamaha RZ50 gen 1, ataupun Suzuki RG 50 dipasar Eropa sana.

Demikian dari saya,

Salam.

********************************************************************

Hmmm…motor imut yang bisa membuat kaum batangan kesengsem, sama halnya dengan si mbak ini yang juga bisa membuat kaum batangan kesengsem ngilerrrr…😀.