Mengenang ke’eksotisan Yamaha TZR 150.

Posted on 5 July 2011

24


Motor ini bisa dikatakan varian paling langka dikeluarga Yamaha TZR series, entah mengapa koq bisa begitu ya? padahal kalau ditilik dari performa…yeah sebandinglah dengan produk kebanggaan para rivalnya. Tapi memang itulah adanya tentang Yamaha TZR 150.

Setelah dulu saya mempublish artikel mengenai sibungsu TZR 250 dan sisulung TZR 125, kini saya akan mencoba mengulik saudara kandung dari 2 produk yang sudah melegenda namanya, tak lain dan tak bukan motor tersebut adalah Yamaha TZR 150. Tapi mohon maaf sebelumnya, karena keterbatasan referensi mengenai berita serta asal usul tentang motor ini, maka kali ini yang akan saya ulas adalah TZR 150 versi Thailand.

Yamaha TZR 150 R. Segudang fitur canggih pada jamannya ala MotoGP telah terinstalsai pada motor ini. Mulai dari YPVS (Yamaha Power Valve System), YEIS (Yamaha Energy Induction System), sampai YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System) semua ada.

Okeiii…lanjut!

Banyak publik Siam yang bilang bahwa motor ini merupakan versi tertinggi dari Yamaha VR 150 (baca produk perbaikan). Tapi kalo ditelaah lebih dalam, memang betul juga, bahwasannya motor ini mempunyai beberapa kelebihan dibanding saudara mudanya tersebut. Tercatat teknologi YPVS (Yamaha Power Valve System) kebanggaan dari Yamaha RD 350 diturunkan langsung keproduk ini. Dan belum lagi out power sebesar 34.0 hp @ 10.500 rpm yang dimuntahkan dari mesin 147cc (bore x stroke = 59.0 x 54.0 mm) single silinder, berpendingin cair, serta berkompresi 7.1 : 1 ini begitu digdaya untuk dibanggakan.

Maka tidak heran kecepatan yang diklaim oleh pihak pabrikan kala itu bisa mendekati 200 kph (restricted)…glek!. Karena masih mengandalkan sistem pengkabut bahan bakar model konvensional berupa Karburator Mikuni VM 30 SS, jangan kaget dengan sidikit jetting, plus colek daleman pada beberapa bagian motor….lari si TZR 150 ini bak butiran anak peluru yang melesat dari pistolnya…wussss!

Segala fitur istimewa pada replika motor balap Yamaha waktu itu ada pada TZR 150 ini.

Sebuah sensasi tersendiri jika bisa membetot gas motor ini.

Tapi sayang, seperti yang sudah saya ketikkan diparagraph atas tersebut, motor ini sangat-sangat susah dijumpai keberadaannya saat ini, terlebih lagi diperparah dengan masa produksi yang relatif singkat yakni dari tahun 95’an hingga 97’an (versi Thailand)…maka bisa dipastikan, bagaikan ‘berlian’lah jika ada Yamaha TZR 150 dalam kondisi super mulus akan dihargai sangat tinggi oleh para kolektor item sebagai produk special item layak koleksi.

Demikian dari saya,

Salam.

******************************************************************

Dijamin degup jantung para kaum ‘batangan’ akan berdetak kencang jika sudah menikmati membelah angin diatas TZR 150, tapi .detak jantung tersebut juga akan semakin kencang jika tiba-tiba TZR yang ‘ditunggangi’ tersebut berubah menjadi mba Aino Kishi yang aduhai tersebut…slurpppp! nahan iler ahhhh (lagi tergila-gila dengan si mbak itu)😀