“The Flying Machine – Part II”…Suzuki RGR 150 Gamma II.

Posted on 19 July 2011

37


Secara kasat mata jika dipandang dengan agak ‘kabur‘, penampakan motor ini bak minim ubahan dengan sang kakak…lha memang kakaknya siapa? itu tuh Suzuki RGR 150 Gamma…Ooo..i see. Tapi benar juga sih, hanya dengan menyandang embel-embel angka dua romawi (II) dibelakang nama besar pendahulunya motor ini diluncurkan untuk memberikan nuansa baru bagi para calon pembeli.

Motif corak grafis striping laksana kilatan petir yang sebelumnya menghiasi tubuh pendahulunya tetap dipertahankan, tapi demi mempertegas kesan ‘rame‘, penambahan grafis dilakukan secara over pe-de…lantas bagaimana hasilnya? not bad sih, tapi malah meninggalkan aura racy yang dulu ada…menurut saya lho ya. Tapi point plus yang diciptakan dari sang adik akan kakaknya tetap ada koq, hal itu ditunjukan dengan design jok berundak…layaknya motor ‘semprot‘ era millenium kebanyakan, di Suzuki RGR 150 Gamma II juga sudah diaplikasikan model gituan…mosok motor kencang kelahiran awal tahun 2000’an masih mengusung jok menyambung, khan ga afdol gitow loch!. Selain pembaruan model jok, pemasangan velg cast wheel adalah point plus kedua dari produk jagoan pabrikan Suzuki Gajah Putih kala itu.

Lantas bagaimana tentang spesifikasi jeroan mesinnya itu sendiri?!, menurut beberapa data yang telah saya kumpulkan memang tidak ada ubahan disektor ini. Tapi masuk akal juga sih, kenapa pihak pabrikan tidak melakukan peremajaan dibagian mesin juga, lha wong dengan performa predessornya saja sudah bikin produk rival ketar-ketir…ngapain harus buang cost R&D untuk ‘colek‘ mesin baru.

Tapi sayang, seperti pendahulunya juga…motor ini juga berumur pendek seperti populasi 2 tak kebanyakan. Selain sudah dianggap tidak sesuai dengan kemajuan jaman…masalah boros bahan bakar serta biang polusi adalah trade mark yang harus dihadapi produk motor mesin 2 langkah. Memang harus bagaimana lagi lha wong konsumen-konsumen dewasa ini sudah tertancap mindsetnya akan motor irit, ber hi-tech, full fitur tapi miskin performa…yo wis nikmatin saja.

Demikian dari saya,

Salam.

********************************************************

Walaupun tampangnya jadul tapi jangan ragukan performanya…motor 4 tak 150cc liquid cooler saat inipun belum tentu bisa mengejar asap knalpotnya…lebay nih!😀.