Benar-benar Blog ini basi!

Posted on 21 July 2011

32


Kalau saat ini saya menyebut bagaimana tentang kisah lanjutan tentang kasus tangki bensin bocor yang sempat fenomenal beberapa waktu kemarin…tidak sedikit dari anda akan berteriak, “hoiii…!, kasusnya sudah ngga aktual lagi ngapain dibahas?!…basi!”. Tapi jika saya mengajukan pembahasan mengenai tentang sepak terjang versi bonsai CBR 250 R yakni all new CBR 150 R yang barusan dibrojolin kemarin…dengan air muka semangat 45 pasti akan menggebu-gebu untuk ‘ngoceh’ ngalor-ngidul tentang motor ini karena memang yang aktual saat ini adalah pemberitaan tersebut.

Aktual atau sesuatu berita yang baru adalah informasi yang memang lagi hangat-hangat tai ayam dibicarakan. Begitu pula kebalikannya, basi atau sudah ngga up-to-date alias out-of-date merupakan informasi yang benar-benar tidak layak diangkat kembali topiknya kepermukaan…karena ya itu tadi sudah basi…walaupun sebenarnya topik tersebut dulu adalah hal yang sangat ‘hot’ dan lebih dari kata hangat-hangat tai ayam sekalipun.

Lantas…sebenarnya siapa sih yang sebenarnya layak menentukan sesuatu hal atau topik itu dianggap aktual atau basi? Kalau menurut saya pribadi sudah jelas adalah media massa, entah itu media massa klasik macam koran, majalah, ataupun tabloid dan media massa modern macam web news ataupun situs-situs blog seperti kebanyakan saat ini. Media benar-benar perperan ampuh untuk mengangkat trend berita kecil menjadi sesuatu yang lebih besar, dan jika sudah dianggap membosankan akan dihempas begitu saja…ya sebagai contoh itu tadi mengenai kasus tangki bocor…ngga ada titik terangnya kecuali ‘remang-remang’ dari pihak terkait😀.


Banyak dari kita adalah masyarakat yang terseret bebas dari arus pemberitaan media massa, hingga kadang mengatakan basi terhadap sesuatu yang masih dianggap aktual. Sampai-sampai…apa yang terjadi disekitar kita karena dianggap basi terkadang luput dari perhatian. Sebagai contoh saat ini ada motor yang mempunyai merk dan tahun pembuatan sama persis sesuai topik basi diatas mengalami kasus sama persis pula, tapi karena dianggap tidak aktual lagi permasalahannya…ya sudah menguap bagaikan kentut, padahal…sipemilik pasti nyesek akan permasalahan ini…mo sounding pun sudah tidak dianggap…lha terus piye kalau sudah gini?! tinggal mewek (nangis) aja…

Harus diakui, diantara anda semua banyak yang merasa malu jika tidak dianggap aktual dari topik obrolan. Padahal setahu saya, orang yang ‘berdaya’ adalah orang yang bisa tidak begitu terpengaruh dari media massa. Tidak percaya?! silahkan…

Demikian dari saya,

Salam.

Posted in: Petuah & Opini