Suzuki Flash 110…si imut yang bikin kepincut.

Posted on 1 August 2011

23


Hmfff!…udah lama juga yak ngga ngetik artikel tentang motor lawas, wokeiii deh…buat represing kali ini saya akan ulas motor dari pabrikan Suzuki Thai yang dulu sempat booming dipertengahan taon 90’an.

Bagi yang sering mantengin blog gemblung ini pasti tahukan kalo dulu saya pernah posting bahwa era-era akhir 90’an banyak ATPM dinegeri Gajah Putih saling berlomba mbrojolin motor sport batangan dengan kubikasi mini semini-mininya, dari yang paling imut yakni 80cc sampe yang nanggung 125cc, macam Micro Magnum 80cc nya Kawasaki, Beat 105cc nya Honda, Touch 125cc Yamaha, hingga Flash dan TXR 110cc nya Suzuki…wis pokok e komplit lah persaingan motor batangan imut diwaktu itu.

Selain imut kubikasi mesin, model tongkrongan serta dimensinyapun juga dibuat langsing biar kagak dibilang motor obesitas gituh. Begitu pula dengan produk andalan Suzuki yakni Flash…kalo orang yang ngga tahu akan motor ini pastilah bakal dikirain sebagai produk bebek fenomenal dari ‘ibu‘ yang ‘sama‘ sakni RG Sport nyang dimodif jadi motor sport batangan wannabe…lha gimana ngga mau dikata sama…orang kubikasi mesinnya sebelas-dua belas koq…sama-sama 110cc…piye jal kalo gitu?

Emang sih..tampak luar dari sisi mesin emang sama plek dengan RG Sport ato Satria 120 RU sekalipun tapi soal power yang disemburkan tentu jangan disamakan…jika RG Sport hanya mampu memuntahkan 14.3 hp dan Satria 120 R mampu memuntahkan 15.3 hp…untuk Flash ternyata cukup mencengangkan lho…tercatat 18.8 hp @ 9.000 rpm adalah bukti tertulis yang lumayan bikin ngiler biker pemula ato biker yang tengah mencoba merasakan sensasi pindah kasta dari yang semula naek motor bebek ke batangan. Emang sih…dengan hanya dibekali kubikasi mesin sebesar 109cc (bore x stroke = 54 x 48 mm) tapi motor ini memang ditujukan untuk bertanding dengan produk batangan sekelas, jadi ngga heran beberapa keunggulan teknologi dibanding yang produk bebeknya tentu tersemat disini…macam karbu XL Mikuni VM 24 SS serta komponen CDI yang mampu mengotak’i mesin untuk bergasing diputaran lebih tinggi.

Mengenai model sih…karena yang disasar adalah kelas sport cruiser bukan sport murni, maka tampang khas motor cruiser terpampang di Flash 110 ini. Coba lihat dengan minimnya pemasangan fairing atopun half fairing adalah ciri kental yang ada pada motor ini, ditambah lagi dengan pengaplikasian lampu bulet macam motor-motor cruiser era 90’an kebanyakan juga diadop disini. Tapi jangan kaget…walopun masih mempunyai tampang dibawah produk kompetitor…soal urusan kaki-kaki jangan dianggap remeh, walopun cuman dibekali versi spoke wheel tapi fitur double disk brake depan belakang telang ada lhoo…lumayan khan?

Last…itulah gambaran singkat mengenai produk motor bertubuh mungil dari pabrikan berlambang huruf S, tahu ngga sebenarnya motor ini punya sodara kembar lho yakni Suzuki TXR 110. Dengan dimensi yang hampir mirip serta model yang ngga jauh beda tapi tambahan kerudung bagian haluan serta velg cast wheel adalah point plus atas sodaranya sendiri…mau tahu tentang apa aja itu Suzuki TXR 110? mari ikuti aja kisah selanjutnya…halah bahasamu lebai su!

Nyang diatas ituh adalah Suzuki TXR 110 ato lebih familiar dipanggil TX-100 S.

Demikian dari saya,

Salam.

******************************************

Berhubung si owner Blog Gemblung sangat-sangat menghormati situ yang lagi puasa, penampakannya diganti ini ajah deh…

“Wooo! numpak motor ngga make perlengkapan riding yang bener!…uncali aer aja…nyohhhh!”