Dobosan si Mark!

Posted on 18 August 2011

34


Kalo seorang bule biasanya suka ma motor gede macam Harleh gitu tapi tidak dengan om Mark ini, baginya motor nyang keren itu adalah motor nyang bisa mencirikan identitas pribadi sipemiliknya…sebodo tuing orang mo nyocot apa tentang entu motor, nyang penting saya nyaman makenya ya udah, titik!.

Itulah hebatnya si om, doi berani tampil beda dengan bikers bule kebanyakan. Lantas nyang jadi pertanyaan, sebenernya motor apaan sih nyang begitu dibanggaken oleh om Mark ini? Situ jangan kaget ye kalosannya si om ini cinta mati ma Honda Passport C70…iya Honda C70 nyang seperti situ liat-liat dipelosok kampung, hebring kan?. Untuk lebih afdolnya mari simak penuturan doi tentang tunggangan kesayangannya tersebut, eh…sebelumnya situ jangan kaget juga ye kalo om Mark ini jago betul ngocol pake basa Endonesia nyang di Jawa-jawa’in walopun aslinya doi berasal dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Saya juga heran koq bisa-bisanya kaya gitu ya?



“Selamet malem, perkenalken namaku Mark, panjangnya Mark Ismail Sastro Wardoyo. Sak jane aku lahir di Solo…iya Solo, sebuah kota eksotik di Jawa Tengah, Endonesia itu. Aku terlahir dari pasangan blesteran Jowo-Amerika, bapakku asline Jowo…yen ngeling-eling rupane bapakku…aku dadi kelingan rupo ‘nggateli’ koyo sing nduwe blog dwinugros.wordpress.com, jan persis banget rupa mereka berdua ini. Kalo ibuku asli Atlanta, Georgia, Amerika. Terus kenapa bisa aku terlahir dari orang tua beda negara? cerita singkate sih…pas ibuku plesir ning Solo, ketemu karo bapakku di Pasar Klewer, iya pasar Klewer yang terkenal akan sentra batiknya sampe kepolosok dunia barat sana. Nah pas disana itulah, bapak sing gaweane dodolan kain nawarin batik ke ibu…dan seperti film-film komedi romantis asli Hollywood gitu…mereka berdua speak-speak dan berlanjut ke ‘cinta satu malam’ yang buntut-buntutnya lahirlah aku ini. Untunge wae rupaku pas lahir sampe gede ora koyo bapakku sing ireng nggateli gitu”.

“Terus lanjut mengenai motorku…o iya soal motor, ni aslinya tak tuku soko Ebay. ngerti Ebay tho? Aku beli ni motor sebenernya nggak niat, tapi nggak tahu kenapa seperti ada reaksi kimia diantara kita berdua macam cinta pada pandangan pertama aku langsung ngambil gitu aja…sejujurnya aku beli ni motor cuman untuk mengenang masa kecilku pas masih ngikut bapak di Solo, soale disana itu motor bebek macam ini banyak dijadikan sebagai kendaraan favorit, selain regane murah, irit, plus kalo ada kerusakan spare-part’e akeh sing jual…mulai dari ori sampe abal-abal banyak tersedia…sip tho?!. Makanya kenapa aku ngambil ni motor dari pada Harleh ato Dukati gitu…ringan biaya operasionalnya coi”

“Soal modif…berhubung sejak kelas 1 SMA aku pindah melu ibuku mulih ning Amerika mergo ditinggal minggat karo bapakku sing entuk mbok enom luwih ayu, maka kiblat chopper layaknya garapane keluarga Teutul di American Choppers jadi temaku. Sing jenenge motor chopper apalagi golongan outlaw sing aku ambil macam gini…pernak-pernik yang dianggap mengganggu estetika tak buang, tak bredel, terus tak simpen ning kamar ben sesuk yen bosen model outlaw gampang restorasinya.”

“Beberapa part sing tak buang meliputi spatbor depan soale sing jenenge motor outlaw kuwi harus anti spatbor, spatbor belakangpun nasibpe sama aja…yo tak potong, dulu pernah tak bawa muter-muter ning jalan pas tiba-tiba ada telek asu…mak crottt! muncrat kabeh ning rai ku tapi yo ra popo…udah tak anggep ketiban rejeki wae. Selain kedua spatbor, batok stang juga kena amputasi…dengan penuh tanggung jawab tak ganti model telanjang ben mirip model motor drag gitu…keren tho?”

“Berhubung batok setang sudah trondol-ndol…waktu itu aku sempet bingung, piye mengko kalo aku disemprit polisi karena make motor tidak ada lampu utama depan-belakang. Maka dengan ide cemerlang lampu variasi jadi pilihan bijak yang aku pake sampe sekarang, walupun murupe mung iplik-iplik ora popo sing penting ono lampune. Joss pora?”

“Giliran mesin dan ban, dikedua sektor itu hanya sedikit sing tak utak-atik. Masih menganut konsep outlaw chopper, ban kembangan model semi tahu tak jadikan pilihan…walopun sebenernya tidak nyaman dipake jalan diaspal mulus kota Atlanta sini, tapi aku tetep cuek beibeh! sing penting ketok sangar sik!. Lanjut soal mesin…berhubung aku nggak ngerti soal mesin karena gawean sehari-hariku sebagai tukang mbatik sama seperti ayahku yang juga pandai mbatik dan jualan dipasar Klewer, maka soal urusan mesin cuman tak ganti pengapiannya aja dari platina ke CDI, terus kelistrikan juga kena peremajaan…dari 6 volt dirubah ke 12 volt, dan yang terakhir penggantian karbu dari standar keukuran XL tapi mbuh ukuran venturi nya berapa aku nggak ngerti soale tukune juga dipasar loak..he..he..he..he. Eh soal mbatik tadi, yang tak maksud mbatik itu bukan mbatik dikain lho…tapi mbatik dikulit orang alias tukang tattoo.”

“Nah itulah dobosan saya mengenai motor kesayanganku yang walopun dekilnya minta ampun tapi tetep aja aku sayang. Dan rencana kedepannya aku arep ngganti shock belakang sing bocor moncrot-moncrot itu, maklum tukang tattoo kan pendapatane nggak tentu…apalagi aku belum punya studio sendiri dan masih ngikut orang jadi kalo pas ada konsumen royal aja aku bisa mengharap tips khusus.”

“Demikian dari saya, Matur nuwun”

Nb. Gambar-bambar diambil dari sinih.

Posted in: Modifikasi Motor