Inspirasi modif Honda CB 100 ala Cafe Racer asal Taiwan.

Posted on 3 September 2011

47


Situh punya motor lawas? Mungkin dari golongan Honda CB sampe GL nyang kubikasinya 100 ato 125 cc, tapi udah bosen dengan tampilan nyang itu-itu ajah?

Kalo gituh, kenapa ndak di make over? Saran sayah, jangan sampe kabisan ide buat mermak tunggangan situh ke model nyang lebih ciamik, semisal Caferacer, mungkin.

Yak! motor tua dengan modif sport classic bagekan campuran kopi dan gula alias klop!. Bisa jadi hal itu juga nyang ngilhamin seorang modifikator asal Taiwan bernama, mbuh sayah ndak bisa mbaca tulisan kenji, guna mempercantik tunggangannya. Yeah, biar dikata ndak ketinggalan mode sama bikers masa kini, gituh.

Posisi stang dibawah yoke serta buntut tawon diarea buritan, bener-bener ciri khas Caferacer yang ndak lekang dimakan jaman.

Kalo diliat-liat dari gambar bawah, sang owner tidak banyak nglakuin rubahan disektor mesin. Misal iya upgrade, mungkin ndak sampe tahap brutal macam gaya CB-CB di kota Nganjuk, Jawa Timur sanah. Mungkin juga, obrak-abrik part yang dilakuin si modifikator sebates refreshing daleman dengan nyang baru, yeah, biar lebih enak dibawa jalan aja.

Begitu pula dengan frame bawaan motor, jika dipelototin baek-baek terliat ndak ada chop sana-sini. Cuman sebates ngerapiin rangka belakang doang biar buntut tawon ciri Caferacer bisa nempel manis. Nyang terakhir. Menurut kacamata saya, ceile basanya lebay banget, Su!. Bagian nyang ngalamin ubahan berarti cuman disektor kaki-kaki. Hal ituh bisa diliat dari instalasi rem cakram depan, penggantian peredam kejut depan-belakang, serta pemasangan setang dibawah yoke biar kesan kental Caferacer terliat jelas. Bener-bener langkah tepat sang builder buat mempercantik tunggangannya, bukan?

Tangki klasik masih dipertahankan, langkah smart sang builder untuk menegaskan ciri Honda CB. Salah satunya, ya dibagian tangki ituh.

Tampak luar, sektor mesin terliat kalem. Entah daleman, mungkin sudah diupgrade part kompetisi. Mungkin, kan?

Posisi stang dibawah yoke. Walo bikin pegel si rider, tapi kalo udah urusan gaya ndak bakalan mati. Caferacer never die!

Menurut penilaian sayah. Ni motor udah layak dibilang rapi secara detail atopun estetika pengerjaan. Cuman sayang, tunggangan model gini bakal nyiksa si empu kalo nekat rolling thunder. Bagemana tidak? lha wong posisi ngrunduk pasti ngakibatin encok, pegel, linu, kumat. Iya ndak? Belum lagi jok single seater nan tipis, pastinya mbikin bokong bak kebakar, apalagi kalo bokong nyang ngangkangin tepos!. Walah! ampun degh!

Dan satu lagi. Dengan minimnya piranti spatbor depan maupun belakang, kalo nekat riding kala hujan, sempurna kesiksanya. Lha kenapa? so pasti cipratan aer comberan, tai ayam, tai kebo, tai asu, bahkan mungkin tai sesama situh bakal nyungsep ke tubuh. Hi…hi…hi…

Karbu tanpa filter? suara emang bikin pede dijalan, tapi kalo sampe kemasukan aer pas hujan, bisa berabe tuh!

Jok buntut tawon, minim spatbor depan belakang, jelas! biang prahara dijalan kalo musim ujan. Tapi buat die harder, gaya adalah segalanya!

Disk brake pada motor? sudah pasti dan harus. Walo ngusung konsep klasik, piranti keselamatan harus disematkan. Good job, brow!

Demikian dari saya,

Salam.

Posted in: Modifikasi Motor