Jilbab? atas kerudung bawah warung!

Posted on 5 September 2011

31


Aku aka Duwek (Panggilan saya jaman SMA), “eh Wan piye sak iki kabare Asih ya?”
Wani, “wehh! Wek kowe sik perhatian karo dek’e tho?”
Ria, “halah CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) kuwi?!, eh wek sak iki Asih wis berubah lho…”
Wani, “iyo lho Wek, sak iki Asih wis nganggo jilbab!”
Aku, “Mosok ngono tho? padahal pas jaman isih SMA mbiyen wong e kuwi senengane pamer pupu karo susu lho”
Ria, “Lha iyo Wek, ngerti pora?…”
Aku, “…Ora!”
Ria, “Menengo sik tho, aku durung rampung sing ngomong. Asih kuwi ketok e jilbabpan tapi yen nganggo klambi opo katok jins, dijamin marai kowe ngiler lho…”
Aku, “Maksute?”
Wani,”Alahhhh! sok goblok! kowe ket ndek SMA kan senengane karo cewek sing nganggo pakaian ketat karo jins hipster sing isoh mamerku tonjolan susu karo belahan silit ngono”
Aku,”wooh aku ora nganti koyo ngono yo!”
Wani,”ora ngono pas bar nduwe bojo karo anak, lha ndek mben?”
Aku,”hehehehehe…lha piye meneh? aku kan yo ora njaluk, salah e dewe dipamerke. Eh balik soal Asih, mosok Asih sak iki jilbapan nganti pamer body ngono? ketok e kok parah men”
Ria, “Ho’o lho Wek, kadang wae aku karo Wani ngarani dek’e ki ‘atas kerudung bawah warung’, lha wong jilbapan kok modele koyo ngono! mending yen aku dadi dek’e ora sah nganggo sisan…ngisin-isini agamaku”

Itulah penggalan obrolan singkat saya dengan mantan temen-temen SMA beberapa waktu kemarin pas ketemuan disalah satu mall kota Solo.

Tapi sebelum melanjutkan artikel ini saya minta maap buat sodara-sodara nyang ndak bisa mengartikan bahasa teknik diatas karena dengan sengaja udah melakukan ‘coding’ menggunakan bahasa J2ME, J2SE, atopun Javascript sebage ‘preambule’, kenapa saya nekat melakukan penulisan menggunakan bahasa teknik di Blog ‘mbajindal’ ini? alasannya sih cuman satu, selain lulusan teknik komputer, saya cuman pingin melestarikan budaya berbahasa Java terutama logat ‘ngoko’ dengan (kurang) baik dan (kurang) benar.

Dan permintaan maap nyang kedua adalah mencoba ngebahas persoalan jilbab nyang notabennya itu urusan sodara-sodara Muslim saya di Endonesia. Jadi kalo diartikel ini hanya tertulis dari sudut pandang nyang menyempit ya mohon dimaapin ya? soale saya ini bukan Muslim jeee!



Oke…balik lagi kepermasalah jilbab, seperti sudah saya singgung diatas…seorang wanita make jilbab tapi tubuhnya masih terbungkus pakain ketat serta gemar mengenakan celana hipster, so barang tentu dengan memilih mode busana seperti itu tidak menutup kemungkinan bagian-bagian bergajih seorang perempuan akan terliat menonjol, kecuali kalo kerempeng beda ceritanya. Lantas salahkah jika seorang perempuan mengenakan jilbab tapi masih gemar memamerkan kemolekan tubuhnya kelawan jenis?

Kalo nyang njawab saya…tentu boleh aja! kenapa? lha saya ini laki-laki normal, dimana aja sebage seorang lelaki normal ngeliat cewek entah berjilbab ato ndak itu nggak masalah, asal dibagian-bagian tertentu tubuh si wanita mampu memperlihatkan keindahannya…itu sudah cukup buat merangsang imajinasi seksual seorang pria!.

Tapi kalo diliat dari kacamata agama, tentu tidak diperbolehkan. Seperti nyang sudah-sudah saya dengar dari sodara-sodara Muslim saya (walopun saya Nasrani tapi hidup dikeluarga besar Muslim), fungsi jilbab selain sebage penutub aurat tubuh perempuan dari lirikan nakal laki-laki bukan mukrimnya, tentu juga sebage pelindung muslimah dari ‘perbuatan tercela’.

Jadi buat adek-adek, mbak-mbak, tante-tante, atopun ibu-ibu nyang (ber)niat akan mengenakan jilbab, bukan bermaksud menggurui…sebelum mengambil keputusan ‘ini’ pikirlah secara mendalam terlabih dulu, jangan hanya dikarenakan pengaruh trend mode ato lingkungan maka fungsi jilbab akan menjadi salah kaprah. Ingat! jangan sampe masalah kayak gini memperkeruh citra Islam itu sendiri, dan jangan sampe lagi ada ungkapan miring tentang jilbab ini diartikan dengan istilah ‘atas kerudung bawah warung’.

Demikian dari saya,

Salam.

Saya harap nggak ada muslimah nyang berpenampilan seperti diatas kecuali mereka beraklak kampret!, mengatas namakan mode dilingkup agama.

Posted in: Resensi Film