Suzuki RG-125 U Wolf, varian telanjang dari keluarga RG-125 series.

Posted on 6 September 2011

21


Walopun punya kapasitas mesin cuman sak uprit nggak lebih besar dari kapasitas bebek si Komeng, tapi ni motor punya kans buat ngasapin tu bebek. Bener lho soal kata ‘ngasapin’, lha wong motor nyang saya maksud ini masih ngandelin teknologi 2 langkah dimana asap ngebul-ngebul selalu menjadi ciri khas nan melegenda. Pasti situ pada penasaran kan motor apa nyang dimaksud? treng-teng-teng…motor tersebut adalah Suzuki RG-125 U Wolf ato lebih pamiliar ditelinga bule Eropa dengan sebutan Suzuki Wolf aja.

Masih ngandelin teknologi nyang diusung oleh sang kakak yakni Suzuki RG 125 Gamma, motor ini punya cita rasa unik dibanding sodara sekandungnya. Bagemana tidak unik? lha wong semua produk RG 125 series demen make baju alias berfairing…eee…ni motor malah suka telanjang pamer kemaluan eh kemolekan maksudnya. Liat aja tuh frame twin spar’nya nyang diusung, bener-bener mencirikan motor sport tulen, belum lagi tampang eksotis dari mesin 125 cc ber liquid sistem sebage pendinginan mesin sewaktu digeber abisss…wuihhh!…cakep nian. Kalo nggak salah ni motor bisa dikatakan versi bonsainya Suzuki TV 250 Wolf (varian nakednya Suzuki RGV 250 Gamma).

Suzuki RG-125 U Wolf.

Suzuki TV-250 Wolf.

Untuk lebih tahu mari kita tengok detil spek dari jeroan si Wolf 125 nyang lahir bulan Nopember 1991 di Jepang ini yukkk?!. Seperti nyang udah disebutin diatas, motor ini dibekali mesin berteknologi 2 langkah dengan kapasitas silinder 125cc (bore x stroke = 56 x 50,6 mm). Menyandang kompresi rasio lumayan rapat untuk ukuran motor ber cc kecil dimasanya yakni 7,4 : 1…dipastikan si penyemplak harus siap sedia ngisi bahan bakar beroktan tinggi. Tapi emang cukup wajar kok kalo motor ini mempunyai kompresi segede gitu, lha wong tenaga nyang dimuntahkan pun juga terhitung nendang lho…22 hp @ 10.000 rpm, serta torsi 17,4 Nm @ 9.000 rpm adalah bukti tertulis patut disimak. Belum lagi perangkat pengkabut bahan bakar berukuran jumbo yakni Mikuni 28mm telah nempel dengan manisnya, serta 6 percepatan sebage pembukti nyang nyata bahwa motor ini juga bisa dikategorikan sebage motor balap kelas capung adalah kata tepat nyang layak disandangkan buat-nya.

Sayang sungguh disayang, kehadiran motor secakep ini umurnya tidaklah panjang dalam masa edar…terhitung 5 tahun dari masa lahirnya Suzuki RG-125 U Wolf harus menutup cerita singkatnya dalam mendampingi sang kakak yakni RG-125 series dalam menyemarakkan belantika dunia permotor eksotis 2 tak dikelasnya.

Demikian dari saya,

Salam.

******************************************

Mbonceng ni motor dijamin bikin badan capek, lha wong posisinya lebih condong kedepan makanya kalo sehabis diboncengin sebaiknya istirahat bentar sembari ngisis nyari angin biar seger kaya si mbak cantik ini.