Yamaha RR 120, bebek hyper yang setia dengan kodratnya (selesai).

Posted on 13 September 2011

29


Sebenernya artikel ini merupakan sambungan dari artikel terdahulu tentang Yamaha ZR 120 nyang udah terbit bulan Maret silam, ternyata udah lama juga ya saya nge’pending pembuatan artikel lanjutan dari bebek perkasa buatan Yamaha Siam tersebut…nggak tanggung-tanggung oiii 7 bulan…ck-ck-ck-ck, dasar Blogger pemalas saya ini. Wokei nggak usah banyak basa-basi langsung bahas aja nyuk tentang sodara kandung dari Yamaha ZR 120 kemarin !!!

Seperti isi dari artikel saya sebelumnya tentang ZR 120 yang terlahir tahun 90’an, dimana modelnya mengadop gaya sporty sang kakak yakni TZR 125, TZR 150, juga TZR 250 yang terliat secara frontal dari pemakaian rangka twin-spar. Dan kali ini saya pengin memberitahukan kepada sodara-sodara sekalian bahwasannya ni motor punya sodara kembar lho. Iya bener sekali, kalo ZR 120 punya sodara kembar yang bernama RR 120. Bagemana dengan tampang serta bentuknya? bagekan pinang dibelah dua, kalo kata saya.

Yamaha ZR 120.

Sudah melototin penampakan diatas? lantas silahkan compare dengan penampakan dibawah, bagemana hasilnya?

Yamaha RR 120.

Bagi yang kurang jeli memang terliat nampak sama, bahkan bisa salah sebut ato kebalik dalam penamaan entu motor. Tapi sebenernya ada sedikit pembeda dari kedua produk ini lho, coba perhatikan air scoop dibawah pelindung radiator, dimana tipe ZR 120 terlahir tanpa adanya air scoope sedangkan di RR 120 dilengkapi dengan kelengkapan pembelah angin. Selain air scoope ada lagi pembedanya yakni sudut rake dari RR 120 dibuat lebih centang supaya gerak putar setang kemudi tampil lebih rapat layaknya motor sport tulen. Dan pembeda terakhir adalah model dudukan foot step boncenger, dimana RR 120 tampil lebih sporty, sedangkan pada ZR 120 terlihat menganut model elegan khas bebek konvensional biasa.

Lantas bagemana dengan mesinnya? apakah kedua motor tersebut mempunyai spesifikasi mesin sama? jawabnya iya. Dengan mengandalkan mesin teknologi 2 langkah, berkapasitas silinder 120 cc (bore x stroke = 54 x 52 mm), maksimum daya kuda 19,5 ps @ 8.500 rpm dengan torsi 1,65 kg/f @ 8.000 rpm, serta dilengkapi karburator Mikuni venturi 24 mm, adalah bukti kesamaan yang tercatat pada kedua produk ini.

Yah…walopun keberadaan motor ini sudah almarhum sejak awal tahun 2000’an kemarin, setidaknya kehadiran RR 120 atopun ZR 120 telah memberikan warna tersendiri buat dunia ‘perbebekan’ negeri Gajah Putih beberapa waktu silam. Dengan kemampuan ngacir yang sama dengan kapasitas mesinnya bahkan bisa lebih, motor-motor 2 tak memang patut dikenang sebage produk eksotis roda dua yang pernah dibuat oleh hasil kreasi manusia.

Demikian dari saya,

Salam.

(Selesai).

*******************************************************
Yamaha RR 120 bener-bener motor yang cantik layaknya si mbak dibawah bukan?😀