Kawasaki Cosmo 105, bebek super nan prematur (selesai).

Posted on 22 September 2011

14


Jika diartikel terdahulu saya udah ngebahas tentang bebek super nan prematur, yakni Cosmo R. Maka kali ini saya akan mencoba memberitahukan kepada sodara-sodara bahwa motor tersebut ternyata mempunyai sodara kembar lho!,…hah?!…yang bener??, bener kok, namanya juga sama tapi yang membedakan embel-embel Sporty dibelakang nama besar Cosmo.

Secara kasat mata kedua motor ini sama persis kalo keduanya disuruh lepas baju, maksudnya gini, sebenernya antara Cosmo R dengan Cosmo Sporty itu terlahir serupa cuman yang membedakan kedua produk ini adalah pada pemakaian mini fairing pada sodara mudanya yakni tipe R. Sebage pengingat akan wujud Cosmo R silahkan pelototin gambar dibawah…

Nah sekarang amati wujud Cosmo Sporty dibawah…

Serupa tapi tak sama, memang seperti itulah adanya akan keberadaan kedua motor ini. Yah namanya juga sodara kembar tapi ndak identik, Kawasaki Cosmo sudah meramaikan khasanah dunia ‘perbebekan’ dinegeri Gajah Putih sana, terutama kelas eksotik.

Sekarang yang jadi pertanyaan, apakah kedua motor ini menggunakan basis mesin yang sama? jawabnya iya! kedua motor ini menggunakan mesin yang sama. Dengan dibekali mesin berteknologi 2 langkah 1 silinder berkubikasi 105cc masih mengandalkan pendingin udara, merupakan bukti tercatat yang pertama. Menerapkan 4 percepatan dengan konfigurasi perpindahan gear 1-N-2-3-4 untuk versi kopling manual, dan perpindahan gear konvensional 1-2-3-4-N untuk versi kopling otomatis adalah bukti kedua. Berkompresi 6,5 : 1 serta memboyong teknologi unik khas Kawasaki Cosmo yakni KETA (Kawasaki Easy Twin Action) yang berarti….mbuh saya ndak tahu!, merupakan bukti terakhir dari kesamaan kedua motor diatas.

Walaupun sekarang ini keberadaan Kawasaki Cosmo sudah terlupakan khas motor 2 tak bahula seperti dinegara kita, tapi setidaknya pihak pabrikan khususnya Kawasaki di negeri Gajah Putih sana tidak mau pilih kasih dalam menelurkan produk-produk berkwalitas seperti produk batangannya yang berkapasitas lebih bongsor macam yang ini nih…!

Demikian dari saya,

Salam.

***********************************************************

Ndak tahu ya, kok kayaknya motor diatas tunggangannya enak lho, tapi kalo si mbak yang dibawah gimana ya?….maksudnya kalo diajak boncengan😀.