The Story Of Legend, Kawasaki Serpico SE 150 (4).

Posted on 14 October 2011

35


Artikel lanjutan tentang perjalanan Kawasaki Serpico ala negeri Gajah Putih.

Setelah diartikel kemarin saya sudah membahas produk Kawasaki Serpico 150 SS keluaran tahun 95 dan 96, kini saya mencoba membahas produk kelanjutan dari keluarga Serpico tersebut, yakni Serpico 150 SE keluaran tahun 97 serta 98.

Berbeda dengan pendahulunya, pada produk berngaran SE atau Special Edition ini, pihak pabrikan mencoba memberikan penawaran lebih kepada enthusiast Serpico. Ya, ditahun 97 sampai dengan 98 pabrikan Kawasaki Thailand membuat terobosan ‘hebat‘ dengan menggandeng penyedian part kompetisi asal Jepang yakni PDK serta Tsukigi guna menciptakan sebuah motor sport kelas capung dengan performa gahar. Dan tidak hanya divarian Serpico saja, produk-produk Kawasaki asal Thailand sana juga banyak yang dicangkoki part racing tersebut, untuk lebih lanjutnya silahkan buka artikel yang ini, ini, atau ini.

Kawasaki Serpico SE 150 (1997).

Walaupun dari tampang luar tidak banyak beda dengan seri pendahulunya, tapi lihat dulu dalemannya bos. Tercatat blok silinder ‘gold‘ dari PDK ataupun pelepas gas buang merk Tsukigi sudah menempel manis. Dan hebohnya saat diinstalasikan part-part tersebut, untuk urusan performa tentu juga mengalami lonjakan yang cukup mencengangkan. Lihat saja output yang dimuntahkan dari Serpico 150 SE sebesar 40ps @ 11.000rpm, merupakan bukti otentik dari ‘hebringnya‘ kerjasama pabrikan Kawasaki dengan produsen PDK ataupun Tsukigi.

Dengan masih mengandalkan basic teknologi mesin seperti produk pendahulunya, macam bersilinder tunggal 148cc (bore x stroke = 59,0mm x 54,4mm) dilengkapi pendingin cair, berkompresi 7,8 : 1, masih menggunakan karburator Keihin PWL 28mm, serta mengaplikasikan 6 percepatan. Tapi dimotor ini ada sedikit perombakan teknologi yang membedakan antara varian SE dengan pendahulunya yakni penggunaan HI-KIPS sebagai katub tutup buka pengatur gas buang dari luang pembuangan agar bisa mengolah sisa pembakaran agar tidak terbuang percuma baik di RPM tinggi maupun rendah.

Part kompetisi PDK dan knalpot Tsukigi yang nempel di Serpico 150 SE.

Kawasaki Serpico SE 150 (1998).

Last, itulah sedikit tulisan tentang Serpico 150 SE keluaran tahun 97 dan 98. Untuk minggu depan sebagai penutup artikel serial Kawak Serpico, saya akan beberkan sedikit tentang apa itu Serpico 150 SST sebagai produk pamungkas generasi Serpico.

Demikian dari saya,

Salam.

(Bersambung)

*******************************************
Serpico SE 150 merupakan produk eksotis dikelas 150 nya Kawasaki, tapi kalo dibandingin dengan mba Lindia Sagita ini lebih eksotisan mana ya?