Yamaha Nouvo Elegance 135, andai saja dipasarkan disini.

Posted on 20 October 2011

27


Sebenarnya ini bukan merupakan artikel sambungan yang membahas tentang Yamaha Nouvo maupun Nouvo Z seperti kemarin, lha wong produknya aja tidak nongol disini. Tapi berhubung masih satu saudara maka tidak ada salahnya dijadiin satu seri sama artikel Nouvo.

***

Tidak tahu kenapa ya? YMKI sebagai pemegang merek tunggal produk Yamaha enggan memasukan motor yang satu ini? Iya, setelah ditahun 2007 menyuntik mati Nouvo Z karena diaggap tidak memenuhi ekspektasi pabrikan dalam hal penjualan, tapi tidak dengan pabrikan Yamaha di Thailand sana. Setelah sukses dengan Nouvo MX nya kini pihak pabrikan melakukan revisi total terhadap varian Nouvo. Dan maka ditahun 2008 lahirlah Nuovo Elegance 135. Dengan dilakukannya revisi bukan berarti produk sebelumnya yakni Nouvo MX (disini disebut Nouvo Z) lantas ikut disuntik mati seperti kepunyaannya YMKI.

Luar biasa memang motor ini dimasa kemunculan pertama kalinya, bahkan bisa dikatakan sampai saat ini. Kenapa? karena segala teknologi yang ada pada Yamaha MX 135 dijejalkan pada matik yang masuk kelevel premium tersebut. Lihat saja…penggunaan radiator, pemakaian Diasil cylinder atopun forge piston berkubikasi 132,5 cc  (bore x stroke = 54 x 57,9 mm) merupakan teknologi turunan balap paten Yamaha yang diaplikasikan ke skutik ini. Belum lagi roller rocker arm yang nyatanya nempel di MX 135 juga diturunkan disini, bisa diyakini dengan semua pengaplikasian teknologi tersebut, efisiensi bahan bakar, mesin lebih bertenaga, serta awet merupakan jawabannya.



Secara tampilan, Nouvo Elegance bisa dikatakan yang terbaik dijajaran produk matik Yamaha, menurut saya lho. Jadi yang selalu mengganjal diotak saya adalah kenapa pihak ATPM khususnya YMKI enggan menggelontorkan produk ini secara massal. Toh jika Elegance hadir dipastikan Skywave maupun Hayate tidak bakal melenggang sendiri dikelasnya, walopun secara apple to apple kedua matik tersebut tidak bisa diadu karena beda kasta.

Yang seharusnya bisa dicermati oleh pihak Yamaha Indonesia, setelah Nouvo Z mati dan tidak diproduksi, nyatanya dibursa motor second produk ini masih tetap banyak yang memburu dan bahkan juga harga jualnya pun relatif stabil dijajaran produk matik bekas YMKI. Andai saja pihak pabrikan sudi merilis motor ini, saya kira anggapan ‘Nouvo’ sebagai motor pelengkap derita akan segera terobati. Apabila melihat produk matik Yamaha yang dianggap itu aja-itu aja bagi banyak enthusiast roda dua tanah air, bisa saja Elegance akan menjadi penyegar dan penawar derita buat keluarga Nouvo. Iya ndak?

Demikian dari saya,

Salam.

(Selesai).

*****************************************

Nampaknya naik matik ini dengan diboncengin si mbak cantik dibawah, bisa dikatakan merupakan kepuasan tersendiri yah…